Bos BPS: Sektor industri harus digenjot untuk mendorong perekonomian

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) secara resmi membuka pasar modal 2018. Dalam sambutannya, Wapres JK sempat menyinggung perekonomian Indonesia yang tumbuh tidak secepat negara lain.

JK mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal III-2017 tidak sesuai harapan karena hanya mencapai 5,06 persen dari target pemerintah 5,2 persen.

Menanggapi hal ini, Ketua BPS, Suhariyanto mengatakan salah satu sektor yang masih harus digenjot adalah sektor industri, yang menurut dia berperan besar untuk mengerek pertumbuhan ekonomi.

“Sisi produksi menurut saya ada beberapa sektor yang harusnya bisa naik cepat sehingga dampaknya besar. Industri saat ini mulai bergerak. Kita harap industri itu masih perlu dipacu. Pertanian juga. Untuk sektor-sektor yang menyerap tenaga kerja, saya setuju dengan Pak Wapres harus dipacu,” ungkapnya ketika ditanyai Merdeka.com di BPS, Jakarta Pusat, Selasa (2/1).

“Bukannya melambat, ekonomi kita tumbuh. Terakhir itu triwulan III itu 5,06 masih di bawah target 5,2 persen. Tentu kalau dia tumbuh, menggembirakan, kalau di bawah target kita perlu evaluasi. Apa yang perlu dipacu. Investasi bagus, ekspor impor sudah lumayan bagus,” sambung dia.

Sedangkan dari sisi pengeluaran, Suhariyanto mengatakan pemerintah harus dapat menjaga agar konsumsi rumah tangga tetap kuat.

“Karena perannya besar, dia harus tetap kuat, supaya nggak melambat. Bagaimana supaya konsumsi rumah tangga kuat, daya beli harus terjaga. Bagaimana supaya daya tetap terjaga, inflasi harus tetap rendah,”

Dia menegaskan bahwa pemerintah harus berupaya menjaga daya beli masyarakat. “Kalau inflasi bergerak liar pendapatan kita walaupun baik tapi kalau lebih kecil dari inflasi daya beli turun, jadi daya beli harus dijaga, itu yang bisa mendorong pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Sumber : merdeka.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: