Penerimaan Pajak DKI 2017 Surplus Rp1,2 Triliun

Penerimaan pajak DKI Jakarta pada 2017 mencapai Rp36,1 triliun. Jumlah itu melebihi target sejumlah Rp35 triliun.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pendapatan itu naik sekitar 8 persen dari tahun sebelumnya. Pada 2014 penerimaan pajak DKI Rp27 triliun.

“Tahun 2015 naik lagi menjadi Rp29 triliun. Di 2016 itu Rp31 triliun. Pada 2017 penerimaan pajak kita besar, bahkan mengalami surplus hingga Rp1,2 triliun,” kata Anies di kantor Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD), Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, Selasa, 2 Januari 2018.

Mantan Menteri Pendidikan RI ini menyebut peningkatan pajak tahun ini paling besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sejak 2014 hingga 2016, peningkatan pajak hanya sekitar 6 persen.

“Kalau kita lihat di sini, hampir semua aspek tercapai. Targetnya yang paling besar itu di Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) 121 persen,” ujar dia.

Sementara perolehan pajak dari reklame mencapai 106 persen dari target. Adapun pajak yang tidak tercapai adalah pajak air dan tanah sebesar 95 persen.

Sedangkan penerimaan pajak paling rendah diperoleh pajak hiburan yang hanya mendapatkan 94 persen. Anies meminta agar BPRD meningkatkan pendapatan tersebut.

“Kita pastikan targetnya tinggi dan kita ingin BPRD bisa tetap berprestasi seperti tahun ini,” ujar dia.

Kendati begitu, Anies tetap bersyukur dan berterima kasih dengan kerja keras seluruh karyawan BPRD.  “Selamat dan terima kasih atas prestasi yang sudah dicapai,” ujar dia.

Sebagai rasa syukur, Pemprov DKI Jakarta menggelar pengajian dan santunan anak yatim di gedung BPRD. Ia berharap pajak DKI Jakarta terus meningkat di tahun selanjutnya.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: