Sebelum IUPK Sementara Freeport Diperpanjang, Pemerintah Harusnya Perhatikan Hal Ini

Hingga saat ini pemerintah masih melanjutkan proses negoisasi dengan PT Freeport Indonesia (PTFI). Proses ini ditandai dengan diberikannya perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) sementara Freeport hingga Juni 2018.

Menurut Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara, ada beberapa hal yang harus dilakukan sebelum memberi IUPK, antara lain kepastian bea ekspor, dan pajak.

Di samping itu, target penerimaan pajak di tahun 2018 cukup ambisius, yakni sebesar Rp1.618 triliun atau meningkat lebih dari 9% dari target APBNP 2017. Di mana, dengan besarnya kebutuhan penerimaan pajak tersebut, hasil dividen dari Freeport saja sebesar Rp1,4 triliun di tahun kemarin.

“Yang kedua adalah faktor tekanan politik keamanan yang dilancarkan oleh pihak Freeport,” jelas Bhima kepada Okezone.

 Sebagai informasi, sejak negosiasi Freeport telah memutuskan hubungan kerja bagi 4.000 orang, serta menyebabkan kegaduhan di Timika. “Tentu tekanan ini tidak bisa dikesampingkan oleh pemerintah,” tegas Bhima.

Di sisi lain, dengan adanya keputusan tersebut membuktikan bahwa pemerintah tidak tepat janji untuk menyelesaikan negosiasi dengan Freeport hingga Desember 2017.

“Itu tentu preseden buruk dan dapat merugikan posisi Indonesia,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, pemerintah dinilai tidak bersikap adil karena terbukti hanya berpihak kepada PT Freeport Indonesia sehingga realisasinya terus diulur dalam ketidakpastian khususnya tentang divestasi, dan pembangunan smelter.

“Tidak fair. Itu membuktikan bahwa pemerintah berpihak kepada Freeport. Janji negosiasi selesai tinggal janji. Saya khawatir iklim investasi bisa terganggu karena investor asing di bidang pertambangan melihat pemerintah memberi terlalu banyak fasilitas khusus pada Freeport,” tegasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: