Dirjen Pajak Beberkan Cara Kejar Target Rp 1.423,9 T Tahun Ini

Dirjen Pajak Beberkan Cara Kejar Target Rp 1.423,9 T Tahun Ini

Direktorat Jenderal Pajak menargetkan penerimaan pajak Rp 1.423,9 triliun dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara 2018. Targetnya naik 10 persen dibanding target tahun sebelumnya.

Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan mengatakan target itu sangat menantang. Pasalnya, target untuk DJP bisa naik sekitar 20 persen jika dibandingkan dengan realisasi penerimaan 2017. “Program amnesti pajak juga tidak akan ada lagi,” kata Robert, di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat, 5 Januari 2018.

Namun dia menyatakan sudah menyiapkan dua strategi. Salah satunya meningkatkan kualitas pekerjaan yang rutin selama ini dilakukan. Layanan yang diberikan akan ditingkatkan, begitu juga kemudahan membayar, melaporkan, dan mengawasi pajak. DJP juga akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat.

Strategi lain adalah melakukan reformasi pajak. Robert telah memiliki beragam program inisiatif, yang terdiri atas lima pilar. Kelima pilar itu antara lain perbaikan kualitas dan jumlah sumber daya manusia, restrukturisasi organisasi baik di kantor pajak maupun kantor wilayah, memperbaiki proses bisnis, memperbaiki kualitas informasi dan teknologi (IT), serta memperbaiki peraturan.

Robert menuturkan DJP juga akan memanfaatkan data dari Automatic Exchange of Information (AEoI). DJP akan menerima tambahan data itu untuk meningkatkan kepatuhan.

Terkait dengan peraturan kebijakan, Dirjen Pajak akan berfokus pada pembahasan rancangan Undang-Undang (RUU) Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) yang kini sudah berada di Dewan Perwakilan Rakyat. DJP juga tengah menunggu hasil pembahasan RUU PPh dan PPN yang kini sedang digodok di Kementerian Keuangan.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: