Kantor Pajak yang Capai Target 100% Dapat Tunjangan Kinerja Besar

Kantor Pajak yang Capai Target 100% Dapat Tunjangan Kinerja Besar

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan untuk pertama kali mengubah skema pemberian tunjangan kinerja bagi para pegawai pajak.

Pada 2018, tunjangan kinerja diberikan berdasarkan penilaian dari capaian kinerja organisasi di setiap kantor pajak serta capaian kinerja individu. Sebelumnya, tukin diberikan berbasis capaian penerimaan secara nasional atau dengan kata lain pukul rata.

Staf Ahli Menkeu bidang Pengawasan Pajak Puspita Wulandari mengatakan, kebiajakn itu mulai diberlakukan tahun ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) 96 Tahun 2017. Ketentuan itu diikuti juga dengan Peraturan Dirjen (Perdirjen) Pajak yang sudah ditandatangani Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan tengah dalam proses penomoran.

“Ini baru pertama, benar-benar berbasis balance shortcut sampai individu diukur, lalu capaian organisasi juga,” kata Puspita kepada Medcom.id, di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Jumat 5 Januari 2018.

Puspita menuturkan, kantor pajak yang berhasil mencapai target penerimaan akan mendapat tukin yang paling besar berdasarkan  basis capaian. Namun proses tersebut harus melalui pengukuran. Dalam artian, ada kantor pajak di daerah yang meskipun telah menjalankan extra effort, tapi sulit untuk mencapai target karena kondisi ekonomi yang kurang mendukung.

“Seyogyanya kalau menurut capaian ya dia dapat indeks gede,” tutur dia.

Sepanjang 2017, penerimaan pajak yang terkumpul sebesar Rp1.151,10 triliun atau 98,6 persen dai target Rp1.283,57 triliun. Target tersebut dibagi pada masing-masing kantor pajak yang tentu besarannya tak sama.

Adapun dari realisasi yang ada, 66 kantor pelayanan pajak (KPP) mencapai target atau berhasil mengumpulkan penerimaan 100 persen. Ada dua kantor wilayah (Kanwil) yang tembus atau melebihi 100 persen yakni Kanwil Banten dan Kanwil Jatim III.

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Hestu Yoga Saksama menambahkan, bagi kantor pajak yang berhasil mencapai 100 persen, sudah dipastikan tukinnya aman secara organisasi. Namun, hal tersebut tidak menjamin untuk tukin berdasarkan performa dari masing-masing individu.

“Seperti Banten 100 persen dijamin tunjangan kinerjanya secara organisasi aman, tapi untuk individu yang kinerjanya enggak bagus, bisa di bawah itu,” jelas Yoga.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: