Menkeu Targetkan Penerimaan Pajak Tumbuh 20% di 2018

Menkeu Targetkan Penerimaan Pajak Tumbuh 20% di 2018

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan penerimaan pajak tumbuh di atas 20 persen pada 2018 berdasarkan realisasi penerimaan di 2017.

Ani, sapaan akrab dirinya mengatakan sebetulnya dalam UU APBN 2018, pertumbuhan pajak ditargetkan 9,3 persen yakni berdasarkan pada target dalam APBNP 2017.

Penerimaan pajak 2018 ditargetkan sebesar Rp1.424 triliun. Sementara target penerimaan pajak 2017 yakni sebesar Rp2.283,6 triliun. Adapun realisasi di 2017 yakni sebesar Rp1.151,1 triliun atau lebih rendah dari target.

“Dengan realisasi seperti ini, berarti asumsi growth-nya akan mencapai 20.8 persen,” kata Ani dalam dalam dialog makro dan fiskal bersama pengusaha, pengamat dan pimpinan media di Kemenkeu, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengatakan untuk mencapai target tersebut, tak ada langkah baru yang akan diterapkan. Strategi yang bakal dilakukan masih sama seperti sebelum-sebelumnya yakni memastikan penerimaan rutin yang berbasis pada pertumbuhan normal dengan memadukan inflasi yakni sembilan persen, ditambah dengan upaya ekstra akan menghasilkan pertumbuhan empat persen sehingga pertumbuhannya menjadi 13 persen.

Ditambah lagi dengan adanya implementasi keterbukaan informasi keuangan untuk kepentingan perpajakan yang efektif dilakukan Juli mendatang yang akan berdampak pada tambahan data atau basis pajak diharapkan menjadi penggerak untuk tumbuh lebih tinggi.

“Jadi langkah-langkahnya enggak ada yang baru, kita akan terus lakukan reform dengan organisasi yang lebih teratur dan lebih terprediksi,” tutur dia.

Lebih jauh, untuk target tax ratio diharapkan bisa mencapai 10,9 persen tahun ini, atau lebih tinggi dari tahun lalu yang sebesar 10,8 persen yakni dengan juga memasukan penerimaan kepabeanan dan cukai.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: