BPS Janjikan Data Omzet hingga Tenaga Kerja E-Commerce Beres Februari

Menteri Keuangan Sri Mulyani meminta data lengkap supaya bisa mengenakan pajak utamanya untuk perdagangan online atau biasa disebut e-commerce. Badan Pusat Statistik (BPS) pun menjanjikan pertengahan Febuari data tersebut sudah ada.

Kepala BPS Kecuk Suharyanto mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan Indonesia E-Commerce Associantion (iDEA) untuk mengumpulkan data para e-commerce di Indonesia. Di iDEA ada 79 pelaku usaha online yang sekarang terdaftar.

“Kita sedang ajak teman-teman di iDEA untuk kumpulkan, kita kasih kesadaran betapa pentingnya data e-commerce dan sebagainya. Kita tunggu sampai pertengahan Februari,” tuturnya, di Kantor Kemenko bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (15/1/2018).

Pendataan ini, lanjutnya, dilakukan terhadap formal online. Melalui iDEA disebar kuesionernya yang sudah kita susun mengikuti 9 platform.

“Ada dua mungkin yang sementara kita sisihkan dulu. Ini kan baru permulaan, kita harapkan respon mereka bagus. jadi kita pakai 7 platform, aslinya 9 ya. Yang dua itu payment sama logistic kalau gak salah,” tuturnya.

Dia mengatakan, kuesioner tersebut berisi data mengenai omzet, unique buyers untuk melihat apakah ada perilaku perubahan konsumsi karena sekarang belanja online lebih ke barang tersier seperti gadget. Kemudian jumlah tenaga kerja, lalu teknologi.

“Masih terbatas lah jauh dari kata ideal tetapi setidaknya kita bisa tangkap gambaran global. Kita baru mulai, tapi mulai minggu ini. Kita harap gambaran kasarnya itu Februari,” ujarnya.

Sementara ini pendataan baru kepada formal online, untuk informalnya masih dipikirkan bagaimana cara pendataannya. Pasalnya, jumlah informal online lebih banyak.

“Informal kan luar biasa susah untuk tangkap kan, katakan nanti kita perlu membutuhkan studi lebih lanjut. Formal aja susah dikejar apalagi yang informal,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: