Ekspor Indonesia Kalah dari Negara Tetangga, Mendag: Kita Akan Buka Pasar Baru

https: img-k.okeinfo.net content 2018 01 31 320 1852723 ekspor-indonesia-kalah-dari-negara-tetangga-mendag-kita-akan-buka-pasar-baru-JVQesJLrLt.jpg

Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali melakukan rapat kerja di tahun ini. Di 2018 ini tema yang diambil adalah akselerasi perdagangan di era ekonomi digital. Raker ini akan berlangsung dari 31 Janurai -2 Februari 2018.

Adapun pembukaan raker langsung dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Dalam pembukaan ini, Jokowi sempat menyindir ekspor produk Indonesia yang masih kalah saing dengan negara lainnya yang ada di ASEAN.

Seperti diketahui, ekspor Indonesia sepanjang 2017 hanya mencapai USD145 miliar yang artinya masih kalah dari Thailand yang mencapai USD231 miliar, Malaysia sebesar USD184 miliar dan Vietnam sebesar USD160 miliar.

“Salah satu penyebab kita kalah bersaing adalah negara-negara tujuan itu mengalihkan impor mereka dari sisi mereka itu, dari negara yang sudah bebas bea, sudah ada perjanjiannya,” ungkapnya di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (31/1/2018).

Menurutnya, negara-negara tetangga lainnya mampu menghasilkan total ekspor lebih tinggi karena usaha yang dilakukan begitu agresif dan tinggi. Sementara itu, Indonesia sudah hampir 10 tahun tidak melakukan perjanjian dagang apapun dengan negara-negara lain.

“Kendala ini lah yang harus kita tembus,” jelas dia.

Mantan Ketua Umum REI ini juga menyebutkan, karena hal inilah Presiden terus menekankan untuk membuka pasar baru untuk mempromosikan produk Indonesia agar dikenal oleh negera lain dan bukan sebaliknya.

“Buka pasar baru dan segera realisasikan berbagai perjanjian-perjanjian perdagangan itu yakni FTA. FTA kalau ini sudah kita lakukan maka peluang ekspor kita pertumbuhannya akan lebih tinggi,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: