Kenaikan Tarif Cukai

Ekonom Indef Bhima Yudisthira mengungkapkan, inflasi Februari lalu lebih rendah dari perkiraan awal. Pasalnya, faktor inflasi bahan pangan sudah mulai turun, khususnya komoditas beras karena panen raya dan impor beras meningkatkan pasokan di pasar.

“Inflasi juga disumbang oleh rokok. Hal ini berkaitan dengan pemberlakuan kenaikan tarif cukai 10% di awal tahun 2018. Efeknya baru terasa di bulan Februari, karena stok rokok produksi Januari sudah memakai pita cukai baru. Sementara itu, inflasi yang ditimbulkan dari BBM nonsubsidi cukup kecil ke inflasi transportasi dan inflasi total,” ujarnya saat dihubungiInvestor Daily, Jakarta, Kamis (1/3).

Ia mengungkapkan, hal yang perlu diwaspadai adalah inflasi inti atau core inflation bulan Februari yang lebih rendah, yakni 0,26% dibanding bulan Januari 0,31%. Ini menunjukkan dorongan inflasi dari sisi permintaan masih lemah.

“Inflasi yang penurunannya paling besar itu adalah beras. Meski demikian, ke depan harga pangan butuh tetap diwaspadai. (Kenaikan) harga komoditas dunia pelan-pelan juga bisa saja merembes ke kita, termasuk harga BBM,” imbuh Kepala Ekonom Bank Central Asia (BCA) David Sumual.

Menurut dia, BBM nonsubsidi yang akan meningkat harganya harus diwaspadai. Pergerakan kurs rupiah terhadap dolar AS juga harus diwaspadai. “Tapi, seharusnya di Maret-April tahun ini tekanan inflasi rendah, karena pengaruh musiman panen raya. Cuaca sampai Maret ini biasanya lebih bagus,” tuturnya.

Sumber : beritasatu.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: