Selama Februari, Bea Cukai Soetta Gagalkan 3 Kasus Penyelundupan

Selama Februari, Bea Cukai Soetta Gagalkan 3 Kasus Penyelundupan

Selama Februari 2018, Bea Cukai Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bekerja sama dengan Polri telah melakukan penangkapan terhadap tiga penumpang yang kedapatan membawa sabu dan ketamin.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Erwin Situmorang mengungkapkan ketiga kronologi penindakan kasus tersebut. Pertama, penangkapan terhadap wanita berinisial TYQ pada Kamis 1 Februari 2018.

Penumpang tersebut berangkat dari Malaysia menggunakan pesawat Air Asia AK 388. Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan terhadap penumpang tersebut, dirinya kedapatan membawa 24 bungkus kopi instan yang di dalamnya terdapat berisi serbuk putih yang diduga berupa ketamine dengan berat 994 gram,” ujar Erwin dalam keterangan tertulis kepada SINDOnews, Kamis (1/3/2018).

Petugas juga memeriksa dokumen yang dimiliki tersangka dan menemukan bahwa TYQ tiba bersama seorang laki-laki berinisial CLL. “Petugas mendapati CLL merupakan perantara antara TYQ dengan penerima barang,” ujar Erwin.

Petugas kemudian berkoordinasi dengan Bareskrim Mabes Polri untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut terhadap dua orang tersangka.

Tidak berhenti di situ, petugas kembali berhasil membongkar kasus penyelundupan narkotika yang dilakukan oleh seorang penumpang berinisial MN yang berangkat dari Kuala Lumpur.

Petugas yang mencurigai tersangka melakukan prosedur pemeriksaan badan. Tersangka kedapatan menyebunyikan kristal bening di dalam pembalut yang dikenakannya.

“Setelah dilakukan uji sampel, diketahui barang tersebut berupa sabu seberat 511 gram. Selanjutnya petugas Bea Cukai menyerahkan barang bukti dan tersangka kepada Polda Metro Jaya untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Tidak lama berselang, pada Kamis 8 Februari 2018, petugas menemukan 2.402 gram sabu yang dibawa oleh dua  penumpang wanita berinisial BB dan BS dari Bangkok, Thailand.

“Kecurigaan petugas bermula dari hasil x-ray tas ransel yang mereka bawa. Dari hasil pemeriksaan petugas atas ransel tersebut, didapati empat buah pake sabu dengan berat total 2.402 gram. Atas temuan tersebut petugas Bea Cukai berkoordinasi dengan Polres Bandara Soekarno Hatta untuk melakukan controlled delivery,” ungkap Erwin.

Dari hasil pengembangan kasus yang dilakukan, tim berhasil menangkap MG dan HT selaku penerima barang di daerah Jakarta Barat, serta FG dan F alias J di daerah Depok yang juga kedapatan memiliki ganja kering dengan total berat 2.834 gram.

Seluruh barang bukti dan tersangka dalam kasus ini kemudian dibawa oleh tim Polres Bandara Soekarno-Hatta untuk proses hukum selanjutnya.

Dari penindakan yang telah dilakukan, pemerintah telah berhasil menyelamatkan sekitar 40.000 jiwa dari potensi ancaman narkotika.

Erwin menegaskanm, pemerintah tidak bosan-bosannya mengingatkan masyarakat untuk dapat terus membentengi diri dari bahaya narkotika, serta dapat melaporkan tindakan-tindakan mencurigakan terkait kemungkinan adanya transaksi narkotika kepada aparat penegak hukum.

Sumber : sindonews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: