Juknis Akses Informasi Keuangan Sebagai Syarat Pertukaran Informasi

Pemerintah mengklaim implementasi PMK No.19/PMK.03/2017 tentang Petunjuk Teknis Akses Informasi Keuangan untuk Kepentingan Perpajakan adalah sebagai syarat dari automatic exchange of Information (AEoI).

Direktur Jenderal Pajak (DJP) Robert Pakpahan mengatakan, peraturan tersebut adalah syarat untuk mendapatkan akses data pajak dengan berbagai negara.

“PMK ini untuk menghindarkan Indonesia dikategorikan sebagai negara yang non cooperative jurisdiction, jadi ini memang syarat,” katanya dalam Media Briefing DJP di Jakarta, Senin (5/3/2018).

Lebih lanjut, implementasi ini akan dapat menyelaraskan aturan domestik dengan rekomendasi secretary board global forum, terkait definisi rekening, nomor pribadi dan entitas yang wajib dilaporkan.

Adapun, AEoI antarnegara terdaftar akan dimulai pada Septmeber 2018, sedangkan untuk dalam negeri sendiri akan dimulai April 2018.

Terkait dengan isu-isu DJP memajaki wajib pajak yang meninggal dunia, Robert mengatakan rekening yang dimiliki oleh wajib pajak tidak wajib dilaporkan sepanjang bank telah menerima surat keterangan kematian dari salah satu ahli warisnya. Menurutnya, hal tersebut juga sesuai dengan common reporting standard system untuk AEOI.

Mengenai harta warisannya sendiri, kata Robert, bukan objek pajak yang harus disetorkan. “Itu sudah di UU dan PMK pun tidak berhak mengubah itu, dari dulu sampai sekarang itu bukan objek pajak,” tegasnya.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: