Dorong Pelaporan SPT, Kantor Pajak Buka Layanan pada 24 dan 31 Maret

Pajak

Ditjen Pajak mengimbau wajib pajak untuk melaporkan SPT lebih awal untuk menghindari gangguan teknis dan risiko telah lapor.

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak menyatakan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) akan membuka pelayanan selama enam hari seminggu atau Senin sampai Sabtu pada dua minggu terakhir di bulan Maret. Tujuannya, untuk meningkatkan penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) tahunan pajak 2017.

Sesuai ketentuan, batas akhir penyampaian SPT bagi wajib pajak orang pribadi adalah 31 Maret 2018, sedangkan bagi wajib pajak badan pada 30 April 2018. “Kami akan buka pada tanggal 24 dan 31 Maret. Kantor pajak akan buka pada hari Sabtu untuk penyampaian SPT,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Hestu Yoga Saksama di kantornya, Jakarta, Senin (5/3).

Selain itu, Ditjen Pajak akan menambah aplikasi dan kapasitas OnlinePajak menjelang akhir bulan. Sementara itu, KPP akan menyediakan fasilitas komputer bagi wajib pajak yang ingin melakukan pelaporan dengan e-filing di kantor pajak.

“Untuk submit SPT, bisa juga ke kantor pajak. Kami siapkan banyak komputer kalau mau e-filing atau pakai hard copy,” kata dia.

Meski begitu, Yoga mengimbau agar wajib pajak menyampaikan SPT jauh-jauh hari untuk menghindari kemungkinanserver overload atau ganguguan teknis pada jaringan internet, dan terhindar dari risiko terlambat lapor.

Bila wajib pajak terlambat melaporkan SPT maka akan terkena sanksi sebesar Rp 100 ribu untuk orang pribadi dan Rp 1 juta untuk badan. Di sisi lain, untuk keterlambatan bayar, wajib pajak akan dikenakan denda sebesar 2% per bulan.

Hingga 5 Maret 2018, Ditjen Pajak telah menerima 3,2 juta SPT, mayoritas dilaporkan secara elektronik. Rinciannya, pelaporan secara elektronik dengane-filing sebanyak 70% dan e-SPT sebanyak 2%, sedangkan pelaporan manual 28%. Adapun jumlah SPT yang masuk tersebut meningkat 51% dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Sumber : katadata.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: