UMKM Harusnya Tetap Lapor Penempatan Harta

Keputusan pemerintah tak mewajibkan UMKM dan peserta deklarasi harta luar negeri untuk melaporkan penyertaan harta (LPH) dianggap belum mencerminkan keadilan bagi wajib pajak.

Yustinus Prastowo, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) mengatakan UMKM belum berarti mereka memiliki aset yang sedikit, dalam beberapa kasus, termasuk yang pernah dilontarkan mantan Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi, banyak UMKM yang memiliki aset yang jumlahnya jumbo.

“Faktanya yang jumbo banyak, tidak adil dengan yang karyawan jadinya,” kata Prastowo pada Selasa (6/3/2018).

Menurut dia, WP UMKM seharusnya tetap lapor, hanya saja skemanya dibikin secara sederhana. Jika hal itu diterapkan, proses penerapan kewajiban administrasi perpajakanya bisa lebih adil. “Omzetnya mungkin kecil, tetapi asetnya besar.”

Sebelumnya Ditjen Pajak Kementerian Keuangan berencana untuk merevisi Perdirjen Pajak Nomor PER-03/PJ/2017 terkait dengan laporan penempatan harta amnesti pajak.

Dalam perubahan ketentuan itu, wajib pajak UMKM dan deklarasi luar negeri tidak diwajibkan melaporkan laporan penempatan harta.

Meski tak diwajibkan menyampaikan LPH, WP UMKM tetap wajib mencantumkannya dalam surat pemberitahuan (SPT).

Artinya, dengan jumlah WP yang mengkuti pengampunan pajak sebesar 972.000 dimana 431.000 merupakan UMKM, maka jumlah UMKM tersebut tak wajib melaporkan penempatan harta.

Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Kepatuhan Pajak Suryo Utomo mengatakan proses revisi tersebut masih dibahas, tapi kemungkinan dalam waktu dekat aturan tersebut bakal diterbitkan.

“Dalam aturan yang sedang dalam perbaikan tersebut, UMKM memang tak wajib melaporkan penempatan harta, tetapi tetap melaporkan SPT,” kata Suryo.

Adapun, berdasarkan catatan otoritas pajak jumlah WP yang telah menyampaikan LPH sekitar 40.000. Sedangkan WP yang telah melaporkan SPT saat ini sebanyak 3,2 juta. 70% penyampaian SPT itu dilakukan secara e-filing, e-SPT 2%, dan manual 28%.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: