Impor Barang Konsumsi Tinggi, Industri Dalam Negeri Bisa Terganggu

Capai USD 15,09 Miliar, Ekspor Oktober Meningkat

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan bahwa impor barang konsumsi yang cukup tinggi bisa menghambat pertumbuhan ekonomi. Alasannya, impor barang konsumsi tersebut akan mengganggu pertumbuhan industri dalam negeri.

Bambang bercerita, angka pertumbuhan impor barang konsumsi di 2017 cukup tinggi, berkebalikan dengan realisasi impor barang konsumsi setahun sebelumnya.

Dia pun memaparkan data, impor barang konsumsi ke Indonesia pada 2016 tergolong minus, sementara pada 2017 mengalami kenaikan sekitar 16 persen.

“Lebih kaget lagi pas lihat data year on year (YoY) impor barang konsumsi, dari Januari 2017 sampai Januari 2018, naiknya 30 persen,” keluhnya saat acara Serah Terima Pelaksana Ketua Umum PP ISEI di Kementerian PPN/Bappenas, Jakarta, Kamis (8/3/2018).

Dia kemudian mempertanyakan, ketimpangan data antara kegiatan impor dan pemakaian barang konsumsi tersebut. Ia menyatakan pertumbuhan konsumsi yang berada di luar target yang diharapkan.

Bambang menduga, barang konsumsi yang diimpor itu kemudian banyak yang diperdagangkan secaraonline. Barang impor tersebut, ungkapnya, kebanyakan berasal dari China.

Impor barang konsumsi berlebih bisa menghambat pertumbuhan industri dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri. Jika itu terjadi, maka akan ikut berpengaruh pada investasi, tingkat konsumsi, maupun pertumbuhan ekonomi itu sendiri.

“Mudah-mudahan ini jadi perhatian. Jangan keburu senang karena yang naik adalah impor barang modal yang artinya investasi jalan, tapi waspada juga terhadap lonjakan impor barang konsumsi, yang nantinya bisa memengaruhi produksi manufaktur dalam negeri,” pungkas dia.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: