Penjualan Ban Menggelinding Perlahan

Maraknya ban impor masih jadi hambatan penjualan.

JAKARTA. Produsen ban dalam negeri tak berani mematok target penjualan terlalu tinggi di tahun ini. Maraknya ban impor, di tengah biaya produksi yang melonjak menjadi tantangan bagi produsen.

Apalagi setelah terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 06 tahun 2018 tentang perubahan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 77 tahun 2016 tentang Ketentuan Impor Ban.

Uthan A. Sadikin, Direktur Pemasaran PT Multistarada Arah Sarana Tbk menjelaskan, masuknya ban-ban impor secara berlebihan sudah terasa di daerah-daerah utamanya di luar Jakarta.

Penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) yang terlalu mudah semakin memperparah keadaan. “Penggunaan SNI di ragukan dan saya sudah lapor ke Kementerian Perindustrian tentang ini,” kata Utha kepada KONTAN, akhir pekan lalu.

Di tengah serbuan ban impor itu, emiten berkode saham MASA di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan terus melebarkan jaringan distribusi ritelnya. Seperti diketahui, tahun lalu Multistrada sudah mengakuisisi saham PT Penta Artha Impressi (PT PAI).

Selain itu, untuk menggenjot penjualan Multistrada akan terus menggandeng kemitraan dengan dua distributor besar seperti Planet Ban dan Proban. Peningkatan penjualan lewat perdagangan elektronik juga dilakukan Multistrada.

Sementara, Catharina Widjaja, Direktur Corporate Communication dan Hubungan Investor PT Gajah Tunggal Tbk mengatakan, tahun ini perusahaannya menargetkan peningkatan penjualan sekitar 5% sampai 10%. Target pertumbuhan ini tidak berbeda dari tahun lalu.

Penjualan bersih dari emiten berkode saham GJTL di BEI ini tercatat sebesar Rp 14,14 triliun tahun lalu, jumlah ini meningkat 3,8% dari tahun sebelumnya Rp 13,63 triliun. Pertumbuhan penjualan didorong oleh kinerja yang kuat di pasar domestik.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: