DPR Minta Usut Tuntas Penggelapan Pajak Asian Agri

6

Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Masinton Pasaribu mendesak Kejaksaan Agung (Kejagung) menuntaskan kasus dugaan penggelapan pajak PT Asian Agri.

“Kita minta penyidik Kejagung menuntaskan kasus itu. Apa karena kasus itu melibatkan konglomerat Kejagung takut membongkarnya? Kasus penggelapan pajak itu tak boleh dibiarkan karena negara sudah banyak dirugikan,” ujar Masinton, Kamis (29/9/2016).

Menurutnya hingga kini Kejagung tak mampu menjerat pemilik perusahaan Sukanto Tanoto. Karena itu dirinya mempertanyakan kenapa kasus tersebut tak ditindaklanjut oleh Kejagung.

“Ada apa dengan Kejagung hingga kasus itu tak ditindaklanjuti? Kenapa hanya satu orang setingkat manajer pajak di perusahaan yang divonis bersalah sementara pemiliknya lepas tak tersentuh,” katanya.

Dari kasus itu baru satu yang dipidana, yakni penggelapan pajak dengan terdakwa bekas manajer pajak Asian Agri, Suwir Laut. Sedangkan, delapan pimpinan perusahaan milik Sukanto Tanoto ini tak tersentuh oleh hukum.

Sementara itu, anggota Komisi III lainnya Muhammad Syafi’i menambahkan, lambatnya penanganan kasus penggelapan pajak Asian Agri ini menimbulkan kecurigaan publik. Sehingga muncul dugaan adanya kongkalikong antara Asian Agri dengan Kejagung.

Ia meyakini kasus ini ada melibatkan oknum aparat. Sehingga kasus itu berjalan lamban dan tidak ada eksekusi terhadap terdakwa yang telah dinyatakan bersalah.

“Aparat kita bukan tidak sanggup karena penuh dengan permainan dalam kasus ini. Kami berharap KPK dapat mengambil alih kasus penggelapan Asian Agri ini,” tambahnya.

Dia melanjutkan, dengan adanya oknum aparat yang tebang pilih dalam penindakan maka terlihat pemerintah sangat lemah dalam penegakan hukum.

Sebelumnya, Jaksa Agung M Prasetyo mengemukakan kejaksaan tak pernah menghentikan penuntutan kasus pajak Asian Agri. Menurutnya, perkara skandal pajak tersebut masih dilanjutkan JAM Pidsus Kejagung. “Tidak benar perkaranya dihentikan,” jelasnya.

Sumber: INILAH

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: