Sinergi NPWP dan Cukai Berjalan di Awal Tahun Ini

15269-dirjen2bpajak2b2

JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemkeu) akan mensinergikan Direktorat Jenderal Pajak dan Direktorat Jenderal Bea Cukai di awal 2017. Sinergi dilakukan dengan menggabungkan nomor pajak (NPWP) dengan nomer cukai, sehingga wajib pajak (WP) terutama yang bergerak di ekspor impor dan produksi barang kena cukai akan lebih patuh membayar pajak dan cukai. “Mudah-mudahan segera diluncurkan. (Targetnya) di awal tahun ini,” kata Direktur Potensi, Kepatuhan dan Penerimaan Pajak Yon Arsal, kepada KONTAN, akhir pekan lalu,

Menurut Yon, saat ini pihaknya tengah menunggu petunjuk teknis dari sinergi ini. Nanti akan terdapat satu data NPWP dan nomor bea cukai yang dimiliki oleh Ditjen Pajak maupun Ditjen Bea Cukai. “Nomor yang dipakai sama. Sehingga proses pengawasan dan data matching lebih mudah,” ujarnya.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara bilang dengan sinergi ini maka antara Dirjen Pajak dengan Bea Cukai akan dibikin link yang lebih baik. NPWP dan nomor Bea Cukai akan ada satu data. “Sehingga kalau orang masuk dia otomatis bayar cukai dan PPN enggak akan luput,” ujarnya. Sinergi ini diharapkan mampu untuk mencegah lolosnya WP baik orang pribadi maupun badan sehingga penerimaan meningkat. “Ini yang diupayakan untuk menaikkan penerimaan negara dari pajak dan cukai,” ujar Suahasil.

Penulis: Ghina Ghaliya Quddus

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

Iklan


Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: