DPR Menunggu Penyerahan Perppu Keterbukaan Bank

JAKARTA. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) saat ini tengah menunggu penyerahan Peraturan Pemerintah Pengganti al Undang-Undang (Perppu) dari pemerintah terkait pertukaran informasi perpajakan atau Automatic Exchange of Information (AEoI). “Kami belum tahu substansi dalam perppu itu,” kata Johnny G Plate, Anggota Komisi XI DPR Kamis (27/4).

Menurut Johnny, DPR tak dapat merevisi atau mengubah isi perppu. DPR hanya dapat menyetujui menjadi UU atau menolaknya sehingga aturan ini batal demi hukum. Keputusan tersebut ditentukan dalam Sidang Purna DPR, setelah komisi terkait menyatakan kesimpulannya.

Oleh karena itu, DPR akan melihat dan membandingkan perppu dengan peraturan lain, seperti peraturan perpajakan, perbankan, serta lalu lintas devisa. “prinsip perppu ini adalah keterbukaan rahasia nasabah bank. Apakah hanya berlaku bagi orang asing yang tinggal di negara kita, atau berlaku untuk seluruh warga negara,”ujarnya.

Menurut Menteri Hukum dan Ham Yasonna Laoly, draf perppu ini siap diserahkan ke DPR karena para menteri sudah setuju isinya. “sudah diteken oleh menteri-menteri,” katanya. Calon beleid itu sekarang berada di Sekertariat Negara menanti diteken Presiden Joko Widodo.

Sumber : Harian Kontan, Jum’at 28 April 2017.

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: