Kenaikan Harga Pangan Melecutkan Inflasi Mei di 0,39%

JAKARTA. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi bulanan selama Mei 2017 sebesar 0,39%. Angka itu lebih tinggi daripada inflasi April yang sebesar 0,09%.

Kepala BPS Suhariyanto  mengatakan, Inflasi Mei 2017 disumbang oleh seluruh kelompok barang. Pendorong inflasi terbesar adalah kelompok bahan makanan. Menurut dia, kelompok bahan makanan bulan ini memiliki andil inflasi hingga 0,86% yang didorong oleh kenaikan harga bawang putih. “Bawang putih memiliki andil inflasi 0,08%,” ujarnya Jumat (2/6).

Komoditas lain yang mendongkrak inflasi Mei adalah telur ayam, daging ayam, beras, daging sapi dan cabai merah. Penyumbang inflasi kedua yakni kelompok perusahaan, air, listrik, gas dan bahan bakar dengan andil inflasi 0,09%. Inflasi dari kelompok ini dikontribusikan oleh kenaikan tarif listrik 900 VA untuk pelanggan pra bayar.

Suhariyanto bilang, pemerintah masih perlu mengantisipasi kenaikan inflasi pada Juni 2017 mengingat bulan ini adalah puncak puasa dan lebaran. Menurut Suhariyanto, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. Pertama, kenaikan tarif listrik 900 VA pada Mei lalu untuk pelanggan pasca bayar yang efeknya baru akan terasa pada Juni.

Kedua, potensi kenaikan tarif transportasi menjelang lebaran karena mudik lebaran. “Harga transportasi juga perlu dijaga,” kata Suhariyanto. Ketiga, potensi kenaikan harga pangan karena naiknya permintaan. Tapi, ia berharap pemerintah bisa mengendalikan harga pangan bulan ini.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo bilang inflasi Mei 2017 sebear 0,39% masih terjaga meski sedikit diatas proyeksi BI sebesar 0,37%. Menurut Agus, kontribusi inflasi dari harga yang bergejolak cukup tinggi yakni 0,91% atau lebih tinggi dari inflasi dan administered price 0,69% dan inflasi inti 0,16%. Tapi, Agus optimis pemerintah memperhatikan stabilitas harga pangan dan menjaga pasokan pangan.

Untuk Juni, Agus bilang selain harga bahan pangan dan dampak kenaikan tarif listrik, satu hal yang perlu diwaspadai adalah kenaikan tarif transportasi dan biaya sekolah lantaran Juni bertepatan dengan tahun ajaran baru.

Sumber: Kontan, 3 Juni 2017

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: