3 Hal yang Diperlukan Indonesia untuk Akses Pajak WNI di Luar Negeri

\3 Hal yang Diperlukan Indonesia untuk Akses Pajak WNI di Luar Negeri

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan untuk ikut dalam pertukaran informasi guna keperluan perpajakan maka Indonesia harus punya legislasi primer. Legislasi ini yakni Undang-Undang yang sama dengan yang dimiliki negara-negara yang komitmen untuk ikut Automatic Exchange Of Information (AEoI).

“Untuk yakinkan otoritas pajak tidak memiliki kendala untuk akses informasi terutama di lembaga jasa keuangan. Indonesia, adalah salah satu negara di mana otoritas pajaknya tidak bisa akses informasi. Sehingga pas mau kerja sama, dunia bingung bagaimana mau kerjasama ketika event pemerintah tidak mampu akses informasi,” ungkapnya di Kantor Pajak Pusat, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya, hal inilah yang membuat Presiden mengeluarkan Perppu nomor 1 tahun 2017 karena AEoI akan dilaksanakan 2017 ini oleh 50 negara dan 2018 oleh 50 negara lainnya. Sementara itu Indonesia akan masuk tahun 2018.

Artinya seluruh aturan perundang-undangan harus kelar Juni 2018 ini. Selain itu, UU yang diturunkan dengan PMK, RI harus bangun 3 hal lain untuk menyamakan posisi Indonesia dengan negara lainnya.

“Pertama, IT system harus reliable (Security, safety dan realibilty). Ini bukan sekadar menurut kami, namun tim Global Forum akan datang dan lakukan assesment apa yang harus diperbaiki,” jelasnya.

“Kedua, mereka minta bussiness process dan code of conduct untuk tangani data yang rahasia ini. Ketiga, kita harus memiliki confidentiality agreement bahwa informasi ini khusus untuk urusan perpajakn, tidak ada urusan dengan politik dan lainnya,” imbuhnya.

Karena hal inilah Menkeu terus melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Saat ini Perppu yang akan menjadi UU sudah ada di Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan diharapkan selesai dalam waktu dekat.

“Kami akan penuhi semua syarat itu. Perppu ini kami lakukan dalam hal Indonesia tetap harus menjaga kepentingannya,” tukasnya.

Sumber : okezone.com, Rabu, 21 Juni 2017

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: