Soal Tax Ratio, Sri Mulyani: Dihitung Pakai Ilmu Apa pun Tetap Rendah

JAKARTA – Sri Mulyani Indrawati terlihat kesal dengan peneriman pajak (tax ratio) Indonesia yang hingga saat ini masih rendah. Pasalnya, tax ratio hingga 2016 tercatat 10,6% dari Gross Domestic Product (GDP) atau Produk Domestik Bruto (PDB).

“Dihitung dari ilmu apa pun, Anda tak perlu jadi managing director World Bank untuk bisa bandingkan apakah tax ratio itu adalah tax ratio yang dianggap normal,” ungkap Menkeu di Kantor Pusat Ditjen Pajak, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Menurutnya, penerimaan pajak masih sangat rendah karena tingkat kesadaran masyarakat dalam melaksanakan kewajibannya sangat rendah. Dirinya mengakui, sebelum menginstruksikan masyarakat membayar pajak ia terlebih dahulu melakukan memperbaiki diri.

“Sebelum saya tunjuk ke rakyat Indonesia nyatakan kesadarannya dalam membayar pajak yang rendah, 3 jari saya adalah menunjuk ke saya sendiri. Maka kami perbaiki diri. Kepatuhan membayar pajak. Saya berikan statistik, Republik Indonesia laksanakan UU nomor 11 tahun 2011, undang-undang pengampunan pajak,” jelasnya.

Dirinya mengakui, dengan kembalinya dirinya menjadi Menkeu adalah untuk membangun RI menjadi negara yang lebih baik. Salah satunya dengan menjalan kan UU nomor 11 tahun 2017 tersebut.

“Saya pulang ke RI untuk emban tugas sebagai Menkeu jalankan UU tersebut. UU tersebut di katakan Anda akan diberikan pengampunan baik sanksi admin atau kriminal apabila Anda laporkan seluruh harta yang belum pernah dilaporkan. Terhadap harta yang dilaporkan, kami pungut hanya 2% untuk 3 bulan pertama,” katanya.

Besaran pungutan tersebut dinilai sangat rendah untuk program tax amensty. Karena jika membayar pajak secara normal bisa dikenakan 5% hingga 35% sesuai dengan akumulasi harta yang dimiliki.

“Dengan rate yang begitu rendah, karena kalau kita bayar pajak normal, bisa 5% bisa 15% atau 25% akumulasi dan 35% tertinggi. Kalau PPh badan 25%. Nah 25% versus 2%, 35% versus 2% itu pun tak ada sanksi admin atau kriminal,” tukasnya.

Sumber: http://www.okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: