Gandeng Singapura, RI Berhasil dalam Keterbukaan Informasi Selama ini WNI paling banyak taruh uang di Singapura hindari pajak

Direktorat Jenderal Pajak tengah menyiapkan perjanjian bilateral dengan negara-negara suaka pajak yang menyatakan komitmennya dalam Automatic Exchange of Information. Hal ini dilakukan, untuk mengintip data rekening warga negara Indoesia di negara tersebut.

Direktur Ekskekutif Center for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo memandang, perjanjian bilateral antara pemerintah dan Singapura bisa menjadi tolok ukur keberhasilan implementasi era keterbukaan informasi.

Negara tersebut, selama ini memang telah menjadi destinasi utama para wajib pajak menyimpan dana untuk menghindar dari penghindaran pajak di dalam negeri.

“Jadi sebenarnya harus cepat dilakukan. Apalagi Singapura sudah berkomitmen. Singapura masih menjadi tujuan utama. Secara simbolis kalau tercapai, ini menjadi suatu keberhasilan,” kata Prastowo kepada VIVA.co.id, Jakarta, Kamis 6 Juli 2017.

Menurut Prastowo, Singapura selama ini menjadi salah satu negara yang cukup khawatir dengan implementasi keterbukaan informasi keuangan. Namun, negara tersebut pun sudah tidak memiliki alasan lagi untuk menghindar, dan pada akhirnya berkomitmen untuk berpartisipasi dalam era keterbukaan informasi.

“Dulu walaupun dia (Singapura) bukan anggota G-20, tapi mereka hadir sebagai observer untuk mengetahui dinamika AEoI. Tapi sekarang mereka tidak punya alasan lagi, karena Hong Kong sudah bersedia. Ini yang harus dimanfaatkan,” ujarnya.

Pemerintah, lanjutnya, pun harus memprioritaskan perjanjian dengan negara-negara yang selama ini terindikasi menjadi lokasi penyimpanan dana WNI. Dengan fokus yang lebih terukur, maka tentu hasil yang nantinya akan didapatkan mampu menjadi data base yang digunakan untuk mengejar kewajiban pajak.

Sebagai informasi, otoritas pajak Indonesia saat ini telah menyiapkan perjanjian kerja sama bilateral dengan dengan beberapa negara demi mengintip data rekening warga negara Indonesia.

Negara-negara tersebut diantaranya Singapura, Panama, Uni Emirat Arab, Brunei Darussalam, Makao, Dominica, Vanuatu, Trinidad dan Tobago, dan Bahama.

Sumber: viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: