KEIN Paparkan Pentingnya Anggaran Negara

Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) memiliki peran penting dalam mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Sebab itu, anggaran negara harus dikelola dengan baik.

Wakil Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Arif Budimanta mengatakan, APBN memiliki fungsi distribusi. Fungsi distribusi salah satu contohnya untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Perumahan misalnya, FLPP, anggaran disiapakan supaya MBR bisa dengan kesiapan fasilitas pembiayaan tersebut mendapat bunga yang rendah,” kata dia di Universitas Pertamina Jakarta, Sabtu (26/8/2017).

Kedua, anggaran negara memiliki fungsi alokasi. Anggaran negara bisa digunakan untuk membantu wilayah lain yang membutuhkan bantuan.

Fungsi ketiga ialah stabilisasi. Arif mencontohkan pemerintah daerah memberikan subsidi pada angkutan umum untuk menjaga daya beli. “Contoh ada yang naik Trans Jakarta kenapa saudara bayar Rp 3.500, subsidi itu fungsi stabilisasi. Uangnya datang APBD yang dikembalikan saudara. Kenapa, untuk menjaga daya beli,” ungkapnya.

Dalam APBN, fungsi tersebut salah satunya diterapkan pada pembagian beras sejahtera (rastra). “Begitu juga pembagian rastra yang kurang lebih 15,6 juta penerima manfaat,” tutup dia.

Untuk diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan belanja negara sebesar Rp 2.204,4 triliun di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018. Uang tersebut akan digunakan untuk kegiatan produktif seperti pembangunan infrastruktur hingga perlindungan sosial rakyat miskin.

“Belanja negara di 2018 sebesar Rp 2.204,4 triliun akan diarahkan pengurangan kemiskinan dan kesenjangan guna menciptakan keadilan dan perlindungan sosial pada masyarakat; yang akan dilakukan melalui peningkatan efektivitas program perlindungan sosial dan penajaman pada belanja pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur,” ‎tegas Jokowi pada 16 Agustus lalu saat membacakan Nota Keuangan di Gedung DPR.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: