Kenapa Banyak Pengusaha Tambang Lakukan PHK?

Belakangan banyak sekali para pekerja industri pertambangan yang melakukan aksi demo kepada perusahaan. Hal itu seiring banyak sekali perusahaan tambang yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya.

Ketua Bidang Mineral dan Batubara (Minerba) Asosisi Pengusaha Indonesia (Apindo) Muliawan Margadana mengatakan banyak faktor yang membuat perusahaan tambang melakukan PHK terhadap para pegawainya. Salah satu yang menjadi faktor terbesarnya adalah terkait fluktuasi harga barang tambang yang diatur oleh mekanisme harga global dunia.

“Masalah yang membuat PHK besar di industri tambang, salah satunya adalah harganya enggak ditentukan oleh kita sendiri sebagai penjual dan pembeli, kontrol harga dilakukan secara internasional,” ujarnya di Kantor Apindo, Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Menurut Muliawan, dengan ditentukannya harga barang pertambangan oleh global, maka pengusaha tidak bisa menentukan harga komoditas tambangnya sendiri. Sehingga hal tersebut seringkali membuat para pengusaha tambang mengalami kerugian, dan dengan sangat terpaksa melakukan PHK.

“Kalau harga batubara turun, ya turun sedunia, harga emas turun, juga turun sedunia,” jelasnya.

Selain itu, banyaknya perusahaan tambang yang melakukan PHK juga karena beratnya beban biaya ketenagakerjaan. Apalagi ,ada peraturan tenaga kerja yang cenderung kaku tanpa diikuti produktivitas yang seimbang di industri pertambangan.

“Makanya perusahaan tambang ini cenderung outsourcing dan pekerjakan pekerja kontrak. Karena beban biaya jaminan sosialnya tinggi, totalnya misalnya bisa 10,24 sampai 11,74%. Di industri tambang, Itu yang menjadi beban terbesar pemberi kerja. Lalu kenaikan upah minimum 14%, dan juga ada cadangan pesangon 8%,” jelas Muliawan

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: