Lima Negara Pemberi Utang Terbanyak ke Indonesia

Total uang pemerintah RI hingga akhir Juli 2017 mencapai Rp3.779 triliun. Jumlah tersebut naik Rp73,47 triliun dibandingkan posisi utang pada akhir Juli tahun lalu (year on year/yoy) yang mencapai Rp3.706 triliun. Demikian ungkap data dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko di Kementerian Keuangan.

Seperti yang dimuat di laman resmi DJPPR, Jumat, 18 Agustus 2017. utang pemerintah berasal dari surat berharga negara (SBN) sebesar Rp3.045 triliun atau 80,6 persen dari total utang, serta pinjaman sebesar Rp734,98 triliun atau 19,4 persen dari total utang pemerintah.

Lantas, siapa negara penyumbang utang terbesar ke Indonesia? Berdasarkan data DJPPR, total utang bilateral Indonesia mencapai Rp313,72 triliun. Lima negara penyumbang utang bilateral terbesar adalah Jepang sebesar Rp194,82 triliun, Prancis Rp27,38 triliun, Jerman Rp25,05 triliun, Korea Selatan Rp19,25 triliun, dan China Rp0,02 triliun.

Sementara itu, utang yang berasal dari bank komersial mencapai Rp43,70 triliun. Amerika Serikat berada di posisi teratas dengan jumlah pemberian utang sebesar Rp10,57 triliun, Singapura Rp7,65 triliun, Prancis Rp7,48 triliun, Belanda Rp5,58 triliun, dan Austria Rp4,63 triliun.

Adapun pinjaman multilateral yang berasal dari lembaga keuangan internasional mencapai Rp371,21 triliun. Bank Dunia masih berada di peringkat pertama, dengan porsi sebesar Rp238,49 triliun, Asian Development Bank Rp118,88 triliun, dan Islamic Development Bank Rp10,82 triliun.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, pemerintah akan terus mengelola utang Indonesia dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. Ia ingin agar utang pemerintah mampu disalurkan kepada sektor produktif, sehingga berimplikasi lebih kepada masyarakat.

“Kami terus kelola (utang) secara baik. Defisit di APBN sudah disetujui oleh DPR, dan kami akan kelola dengan baik,” kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati, Jakarta.

Sumber : viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Pemeriksaan Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: