Naik 10 Kali Lipat, Dana Parpol Dicurigai Jadi Lahan Bancakan Baru

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengonfirmasi kenaikan dana parpol jadi Rp 1.000/suara. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) curiga kenaikan dana parpol tersebut justru menjadi lahan korupsi baru bagi Parpol.

“Saya sendiri cenderung untuk lebih meyakini kecurigaan yang terakhir di atas di mana kenaikan dana parpol ini justru bisa menjadi lahan bancakan baru dari parpol,” kata Peneliti Formappi Lucius Karus kepada detikcom, Minggu (27/8/2017) malam.

Lucius menyebut kemungkinan itu bisa saja terjadi jika tak ada perubahan sistem pengelolaan keuangan di partai politik. Sehingga dana parpol tersebut diselewengkan untuk kepentingan yang lain sehingga tak seusai dengan tujuan awal bantuan tersebut diberikan.

“Bahkan dengan model tata kelola yang tertutup dan miskin dari sisi akuntabilitas, maka menjadi mungkin dana bantuan itu diselewengkan oleh partai untuk kepentingan yang berbeda dari tujuan negara memberikan bantuan tersebut. Dengan kata lain potensi dana parpol itu untuk dikorupsi menjadi terbuka ketika tata kelola parpol masih saja tetap dengan budaya yang lama yang cenderung tertutup dan tidak akuntabel,” terangnya.

Untuk itu, dia berharap kenaikan dana parpol bisa dibarengi dengan perbaikan tata kelola parpol secara kelembagaan berjalan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi dengan transparansi dan akuntabilitas yang terjamin pelaksanaannya. Sebab, Lucius menganggap jika tak ada keseriusan untuk membenahi tata kelola partai, bantuan sebesar apapun takan berdampak positif, apalagi untuk menghentikan praktik-praktik korupsi di partai politik.

“Jika bantuan dinaikkan tanpa ada upaya untuk membenahi secara serius budaya tata kelola partai, maka saya menduga bantuan dalam jumlah berapapun tetap tak punya manfaat atau dampak positif. Apalagi jika disebutkan bahwa kenaikan dana bantuan itu sanggup menghilangkan praktek korupsi di parpol, saya sangat sangsi. Apalagi jika disebutkan bahwa kenaikan dana bantuan itu sanggup menghilangkan praktik korupsi di parpol, saya sangat sanksi. Bagaimana bisa praktik korupsi tiba-tiba bisa dihilangkan dengan kenaikan dana bantuan itu jika budaya korupsi itu sendiri terus terpelihara?” kata dia.

Konfirmasi dari Sri Mulyani diungkapkan dalam acara Workshop Nasional Perempuan Legislatif Partai Golkar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (27/8) hari ini. Awalnya dana parpol Rp 108/suara sah, kini jadi Rp 1.000/suara sah.

Penetapan kenaikan dana parpol tersebut tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor 277/MK.02/2017 pada 29 Maret 2017. Kenaikan dana parpol juga diikuti dengan revisi PP Nomor 5 Tahun 2009 tentang Bantuan Keuangan kepada Parpol.

“Dalam surat Menteri Keuangan Kepada Mendagri telah ditetapkan usulan bantuan kepada Parpol yang dapat dipertimbangkan adalah Rp 1.000 per suara sah,” kata Sri.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: