Pemilik Mobil Mewah Tunggak Pajak, Apa Alasannya?

Paling tidak, ada tiga faktor utama yang dianggap membuat lalai pemilik mobil mahal untuk membayar pajak. Tak tanggung-tanggung, pemilik mobil seharga di atas Rp1 miliar ini bahkan menunggak selama bertahun-tahun.

Belum lama, Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta (BPRD) mencatat, ada sekira 1.700 mobil seharga Rp1 miliar ke atas yang terungkap belum bayar pajak. Adapun nilai pembayaran pajaknya sebesar Rp400 miliar. Terkait itu, Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo ada tiga faktor yang mendasari.

“Menurut saya, yang pertama awareness (kesadaran). Kadang-kadang, (pemilik mobil) karena kesibukan, enggak sadar (buat bayar pajak). Atau mungkin (dia bayar pajak) melalui perantara tetapi perantaranya tidak bener (tidak dibayarkan). Itu kan bisa terjadi,” katanya ketika dihubungiOkezone di Jakarta, Minggu (27/8/2017).

 Yang kedua, menurutnya, alasan dibalik penunggakan pajak oleh pemilik kendaraan mewah lantaran faktor beban yang dirasa oleh pemilik mobil mewah jika harus membayar pajak kendaraan mahal milik mereka.

“Ya, menurut saya memang karena ada unsur karena ini, kendaraan juga jarang dipakai gitu kan maka bebannya besar, maka dia sengaja menghindari,” jelasnya lebih lanjut.

Faktor ketiga, lanjut dia, karena pemilik kendaraan roda empat tersebut menganggap remeh urusan pajak. Hal itu karena mereka berpikir bahwa selama ini mereka bebas dari penegakan hukum, terhindar dari penjaringan razia dan lain sebagainya.

“Jadi ada semacem, ada tingkat kemungkinan terjaring itu kecil sehingga itu menjadi insentif bagi mereka untuk tidak patuh gitu kan, termasuk tahu mungkin ada backup dari oknum (berwajib) dan sebagainya kan. Itu juga pengaruh,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: