14 Restoran di Cirebon Dipasangi Mesin Pajak Otomatis

 

Sejumlah tempat makan atau restoran di Kota Cirebon mulai dipasang alat bernama Tipping Box yang akan merekam otomatis pembayaran pajak. Diharapkan keberadaan alat tersebut bisa meningkatkan pajak hingga 20 persen.

Sekda Kota Cirebon Asep Dedi mengatakan, alat tersebut sudah mulai dipasang di 14 restoran. Rencananya alat tersebut akan dipasang di 33 tempat lainnya namun masih menunggu kesiapan dan sosialisasi.

“Pengusaha tidak perlu takut karena pajak yang dibayarkan itu berasal dari konsumen, tidak akan mempengaruhi penghasilan,” ujar Asep kepada wartawan usai pemasangan di RM Jamblang Ibu Nur, Jalan Cangkring, Kota Cirebon, Rabu (9/8/2017).

Diharapkan dengan pemasangan alat tersebut pendapatan daerah dari pajak restoran bisa meningkat hingga 20 persen dari semula hanya Rp 24-30 miliar menjadi Rp 28-36 miliar pertahun.

“Mudah-mudahan melampaui target kita hingga Rp 40 miliar dari sektor pajak restoran,” katanya.

Sementara itu Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Cirebon Maman Sukirman mengungkapkan, selain restoran tempat lain seperti hotel dan parkiran juga akan dipasang tipping box. Sehingga pendapatan daerah dari sektor pajak bisa meningkat signifikan.

“Saat ini yang sudah taat bayar pajak baru 40 persen saja. Sementara 60 persennya kurang terpantau. Mudah-mudahan dengan seperti ini pendapatan asli daerah dari pajak bisa meningkat,” tuturnya.

Dari pantauan detikcom alat tersebut dipasang di komputer kasir restoran. Nantinya tipping box akan secara langsung mengkalkulasi jumlah pajak yang harus dibayar konsumen saat membayar di kasir.

Selanjutnya pajak tersebut akan direkap dalam sebuah alat yang langsung online ke Kantor BKD Kota Cirebon. Sehingga jumlah pajak yang dibayarkan konsumen dan kemudian diserahkan ke pemerintah jumlahnya akan sama.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: