Bea Cukai Janji Permudah Izin Impor bagi Industri Kecil Menengah

Pemerintah akan berupaya untuk memberikan kemudahan berusaha hingga ke tingkat daerah. Hal ini pun tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Nantinya, pemerintah akan memberikan pelayanan terpadu atau single submission. Seluruh layanan terkait perizinan akan diintegrasikan hingga ke tingkat Kabupaten.

Program ini pun tak hanya dilakukan untuk pengusaha kelas atas. Pengusaha kecil juga akan dapat menikmati kemudahan perizinan.

Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi mengatakan, regulasi terkait impor nantinya juga akan dipermudah. Diharapkan, upaya ini dapat berdampak pada peningkatan kegiatan ekonomi pada berbagai daerah di Indonesia.

“Akan ada tentunya kemudahan bagi industri kecil dan menengah tentang kegiatan impornya secara legal. Tentunya nanti akam ada semacam kemudahan-Kemudahan perizinan salah satunya,” kata Heru kepada awak media, Jakarta, Kamis (31/8/2017).

Kemudahan ini akan diberikan untuk bahan mentah yang tak terdapat di Indonesia. Sebagai contoh adalah sutra yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat pada sektor pengrajin batik.

Pemerintah sendiri telah memberikan banyak kemudahan hingga pada sektor bongkar muat barang. Namun, bongkar muat barang bisa saja tertahan karena tak tertib dokumen.

Tertib dokumen inilah yang harus dipahami oleh pengusaha kecil. Untuk itu, pendamping tetap perlu dilakukan oleh pemerintah.

“Sebelum impor perizinannya kita siapkan, kita bimbing dan beri kemudahan, yang penting mereka legal dam resmi. Tentu kita bantu daribsisi operasional pada saat mereka lakukan kegiatan impor. Juga akan ada optimalisasi pemanfaatannya PLB (Pusat Logistik Berikat) sebagai sentral material yang dibutuhkan IKM tadi,” ungkapnya.

Diharapkan, ekonomi daerah nantinya dapat berkembang dengan upaya ini. Jika aturan telah dipermudah, maka investor bisa masuk pada berbagai sektor, termasuk kawasan ekonomi khusus yang telah terdapat pada berbagai daerah seperti Batam dan daerah lainnya.

“Sebetulnya kita menuju KEK dan diberikan transisi hingga kita siap implementasinya dan persiapan transisi. Justru Bea Cukai kewajibannya terjemahkan kebijakannya di tataran operasional,” tukasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: