KKP upayakan pembebasan tarif bea masuk

 

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan mengupayakan pembebasan tarif bea masuk produk kelautan dan perikanan ke Jepang. Apalagi, Jepang sudah memberlakukan tarif masuk nol pada negara ASEAN lain.

“Jadi kita perjuangkan hal ini agar Indonesia juga dapat nol persen tarif masuk ke Jepang,” ujar Susi Pudjiastuti Menteri KP dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Sabtu (26/8).

Dia bilang, pemberian tarif nol pada komoditas olahan ikan juga nantinya tidak hanya berlaku pada perusahaan Indonesia, tetapi juga kepada perusahaan Jepang yang berada di Indonesia.

Upaya tersebut juga sebagai tindak lanjut dari rencana relokasi perusahaan pengolah ikan yang berasal dari Jepang.

PT Itochu, perusahaan pengolahan ikan dari Jepang direncanakan akan memindahkan pabrik pengolahan ikan yang sebelumnya di Thailand ke Indonesia. Pembebasan tarif bea masuk diungkapkan dapat mempermudah transaksi antara pengusaha Jepang yang akan merelokasi pabriknya ke Indonesia.

Selain relokasi, kerjasama Indonesia dengan Jepang terkait perikanan juga akan dilakukan dalam bentuk pembangunan. Kerjasama yersebutntwrkait pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di enam lokasi. “Ya, saya berharap pemerintah Jepang dapat mendukung kegiatan SKPT,” jelas Susi.

Upaya tersebut ditanggapi oleh Menteri Pertanian, Kehutanan, dan Kelautan Jepang, Ken Saito bahwa Jepang telah memiliki kerjasama serupa dalam Indonesia-Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Oleh karena itu Saito mendukung kerjasama tersebut.

“Terkait dengan penurunan tarif bea masuk, dikarenakan merupakan kerja sama G to G, maka perlu dilakukan perundingan antara kedua negara untuk memutuskannya,” ungkap Saito.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: