Impor RI Menurun, Daya Beli Orang Indonesia Masih Lesu?

Neraca perdagangan Indonesia tercatat surplus US$ 1,71 miliar pada bulan Agustus. Hal ini menyusul catatan ekspor di bulan Agustus yang mencapai US$ 15,21 miliar, sedangkan impor US$ 13,49 miliar.

Impor Indonesia sendiri tercatat mengalami penurunan sebesar 2,88% dibandingkan bulan sebelumnya. Beberapa komoditas yang turun impornya mulai dari perhiasan permata, perangkat optik, pupuk hingga kapas.

Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo menilai hal ini disebabkan kinerja ekspor yang tumbuh cukup baik karena dampak dari harga komoditi cukup baik. Sementara penurunan nilai impor disebabkan adanya lonjakan impor di bulan sebelumnya, terkait hari raya Lebaran.
“Kalau impor terkait barang modal dan barang investasi, itu masih inline. Tidak terpengaruh bahwa ke depannya investasi akan berkurang atau seperti apa. Itu cerminan bahwa ekonomi kita masih tumbuh,” katanya saat ditemui di Kemenko Maritim, Jakarta, Jumat (15/9/2017).

Lantas apakah penurunan impor ini menjadi cerminan bahwa konsumsi masyarakat masih menurun?

“Kalau impor turun lebih terkait sama dampak dari bulan lalu karena pengaruh Lebaran. Impor konsumsi datanya sebenarnya sudah mulai naik. Lebih baik kalau dibandingkan bulan ke bulan. Retail sales juga naik, penjualan dari kendaraan bermotor juga lebih tinggi di bulan Juli. Jadi indikator untuk konsumsinya sudah sedikit membaik dari yang kemarin,” papar Dody.

Meski mengakui bahwa tingkat konsumsi masyarakat Indonesia masih belum pulih benar, tapi jika dilihat cerminan daya beli lainnya, seperti indikator pendapatan, saat ini kata dia sudah mulai meningkat. Hal itu dilihat dari nilai tukar petani dan upah buruh yang mulai meningkat pertumbuhannya.

“Upah buruh rill bangunan dan petani juga sudah mulai membaik. Jadi indikatornya ke daya beli dan konsumsi, sudah ada initial movement jauh lebih baik dari yang kemarin,” tukasnya.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: