Sri Mulyani: Dana Filantropi Bisa Digunakan Untuk Infrastruktur

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjelaskan skema pendanaan infrastruktur yang bersumber dari filantropi (dana donasi dari orang kaya) bisa saja dilakukan. Hal tersebut menurutnya sudah pernah dilakukan di Indonesia.

“Mereka (filantropis) memiliki ketertarikan masing-masing. Ada filantropis yang ingin masuk pada masalah kesehatan, infrastruktur yang dikaitkan dengan climate change, itu bisa saja ditampung,” ujarnya usai menghadiri acara Kompasianival di Lippo Mall, Jakarta Timur, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Lebih jauh Sri Mulyani menjelaskan, penggunaan dana filantropi selama ini harus melewati PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). Hal ini, katanya, disebabkan PT SMI merupakan alat untuk Indonesia agar bisa menggunakan dana dari swasta baik dalam maupun luar negeri.

Namun demikian, Sri Mulyani belum bisa menjelaskan skema detailnya terkait penggunaan dana filantropi tersebut. “Nanti strukturnya kita bahas lebih lanjut,” ujarnya.

Sebelumnya Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengusulkan penggunaan dana filantropi untuk mendanai pembangunan infrastruktur. Kata Luhut, pembiayaan tersebut akan dilakukan melalui skema pendanaan campuran atau blended finance. Usulan ini ia sampaikan di Kantor Staf Kepresidenan, Rabu, 18 Oktober 2017.

Luhut mengklaim ada potensi US$ 12 triliun (Rp 162.255,5 triliun) dari pendanaan yang bersumber dari kaum dermawan yang tersimpan di bank-bank di seluruh dunia seperti dana filantropi. Saat, kata Luhut, skema tersebut masih dikaji.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: