Dua Faktor Penyebab Penurunan Industri Ritel

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mencatat ada dua penyebab dari penurunan industri ritel di Indonesia saat ini.

“(Bisnis) online menjadi salah satu faktor penurunan pertumbuhan industri ritel,” ungkap Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahanta, dalam sebuah diskusi “Bisnis Ritel Zaman Now”, di Warung Daun, Jakarta, Sabtu 28 Oktober 2017.

Selain pergeseran ke online, biaya produksi (cost production) juga menjadi salah satu hal yang cukup mempengaruhi, dengan adanya perubahan konsumen.

“Ini adanya perubahan konsumen menggila. Gaji makin lama makin tinggi. Mereka beralih ke online juga. Pengusaha mungkin mengurangi tokonya. Mereka paham pergeseran makin cepat, seperti yang terjadi di Glodok,” jelas dia.

Tutum menjelaskan, banyak pengusaha yang berada di bawah naungan Aprindo teriak akan hal ini. Dia pun mengakui jika ada penurunan pertumbuhan di sektor ritel.

“Faktanya banyak yang teriak, ini bukan hal yang harus ditakuti sebenarnya karena ini proses. Persaingannya, jangan diabaikan,” lanjutnya.

Tutum pun mengatakan, pihaknya sudah sering mengalami kondisi hidup-mati buka-tutup toko. Namun yang menjadi luar biasa adalah penutupan ritel dilakukan secara bersamaan sehingga menjadi musuh bagi industri tersebut.

“Ini menjadi perhatian, kami menyampaikan apa adanya yang terjadi karena ada perkembangan digital dan bisnis online. Kami juga berevolusi ke arah sana, kami mengikuti perkembangan konsumen,” ungkapnya.

Oleh karena itu, beberapa anggota Aprindo perlahan mulai masuk ke dunia online. Di mana para pengusaha ini tetap menjual produknya atau memindahkan penjualannya menjadi bisnis daring.

“Perkembangan online dengan platformnya sudah mulai ada campur tangan asing dan kita enggak bisa tutup mata, ini enggak masalah selama mengikuti regulasi,” pungkasnya.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: