Menteri Jonan Usul Motor Listrik Bebas Pajak dan Bea Balik Nama

Menteri ESDM dan Wamen ESDM mengendarai motor istrik. (Pebrianto/Liputan6.com)

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengusulkan agar kendaraan listrik,‎ baik motor maupun mobil, bebas pajak dan balik nama. Hal ini guna mendorong agar harga motor dan mobil listrik bisa bersaing dengan motor dan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).

Jonan menjelaskan, guna mendorong penggunaan kendaraan listrik perlu adanya insetif. Dia pun mengusulkan agar insentif yang dijalankan adalah bebas pajak dan biaya balik nama bagi motor dan mobil listrik. Usul tersebut diharapkan masuk dalam Peraturan Presiden tentang Pengembangan Kendaraan Listrik.

Jika kendaraan listrik dibebaskan pajak dan biaya balik nama, maka dapat menurunkan harga sekitar Rp 2 juta. Dengan begitu, harga kendaraan listrik dapat bersaing dengan harga kendaraan yang menggunakan BBM.

Selain itu, dapat pula menciptakan daya tarik masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik. Jonan pun berharap Menteri Keuangan Sri Mulyani mengabulkan usulan tersebut.

“Memang kalau mau itu saya kira Menteri Keuangan setujui ini. Kalau ini bebas hilang (pajak) bisa turun Rp 2 juta. Jadi tanya Menteri Keaungan mendukung tidak,”‎ kata Jonan, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (30/10/2017).

Saat ini rumusan Peraturan Presiden tersebut sudah diproses di Sekretaris Kabinet. Payung hukum tersebut dibuat untuk mendukung penggunaan kendaraan listrik.

“Perpres sudah kami kirim ke Sekretaris Kabinet, kita masih menunggu untuk pembahasan. Ini dukungan pemerintah meningkatkan penggunaan kendaraan listrik,” ujar Jonan.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: