AS Kecam Keras Pembatasan Impor Indonesia

AS Kecam Keras Pembatasan Impor Indonesia

Keputusan pemerintah Indonesia untuk membatasi impor dikecam oleh Amerika Serikat. Menurut AS, langkah itu bukan hal yang sehat dan menghambat perdagangan.

Perdagangan bilateral antara Indonesia dengan Amerika Serikat di bidang pertanian mencapai nilai yang sangat signifikan pada tahun 2016, yakni mencapai Rp104 triliun. Bagi Amerika, perdagangan di sektor ini merupakan sebuah kesepakatan yang menguntungkan bagi kedua pihak.

Namun, menghambat perdagangan yang sehat antara kedua negara dengan membatasi impor seperti yang dilakukan oleh Indonesia belakangan ini, dinilai bukanlah hal yang tepat. Kritikan tersebut disampaikan oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Joseph R Donovan, dalam acara US-Indonesia Investment Initiative 2017 di Jakarta.

“Kami memahami bahwa Indonesia ingin membantu para produsen di daerah untuk meningkatkan pendapatannya. Namun hal ini bisa tercapai dengan sebaiknya, melalui penelitian dan pengembangan guna meningkatkan produktivitas dan membenahi infrastruktur daerah,” kata Donovan dalam pidatonya.

Dalam hal ini, Donovan mengatakan bahwa Amerika memahami keinginan Indonesia untuk menciptakan ketahanan pangan. Namun, menurutnya, ketahanan pangan tersebut tidak selalu berarti swasembada. Dukungan kepada produksi pertanian daerah, kata Donovan, dapat berdampingan dengan impor untuk mencapai kesediaan pangan domestik yang stabil dan pasti.

“Saya yakin kita setuju bahwa kita tidak ingin hubungan dagang pertanian kita yang saling menguntungkan ini terkena dampak negatif kebijakan proteksionis dari hasil pemikiran jangka pendek, yang akan mengganggu pasar dan menaikkan harga konsumen,” ujarnya.

Menurutnya, pemerintah AS saat ini banyak perusahaan yang sangat ingin menjual komoditas di Indonesia jika keadaan yang ada mendukung. Banyak perusahaan Amerika melihat Indonesia, yang memiliki jumlah penduduk keempat terbesar di dunia, terus tumbuh dan terkoneksi.

“Banyak tantangan dalam menjalankan usaha Indonesia. Namun dalam pandangan saya, upaya Presiden Jokowi memperbaiki infrastruktur dan menciptakan kemudahan berusaha di Indonesia, akan mampu mengatasi tantangan-tantangan tersebut,” ujarnya menegaskan.

Sumber : viva.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: