Defisit BPJS Kesehatan Bisa Ditutupi Lewat Cukai Rokok

Badan Penyelengara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengalami defisit hingga triliunan rupiah. Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf memiliki beberapa solusi untuk menutupi defisit tersebut.

Salah satunnya dengan menggunakan uang dari bea cukai rokok. Dede menyebut, bea cukai rokok mencapai Rp150 triliun dalam setahun.

“Saya kasih opsi, yaitu dengan memakai cukai rokok. Setahun dapat Rp150 triliun, kalau diambil sedikit bisa menutupi defisit,” kata Dede dalam program Prime Talk di Metro TV, Jakarta, Jumat, 3 November 2017.

Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini menilai solusi tersebut tidak terlalu sulit. Terlebih, pemerintah berencana menaikkan bea cukai rokok sebesar 10 persen.

Solusi kedua ialah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Dede menuturkan, nilai aset BPJS Ketenagakerjaan mencapai Rp250 triliun.

“Ini kan saudaraan, bisa kerja sama. Kalau kerja sama bisa mengeluarkan surat utang negara dan diisi oleh BPJS Ketenagakerjaan. Yang penting kita jangan bebankan ke masyarakat dulu,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur Perencanaan dan Pengembangan BPJS Mundiharno mengatakan, akar masalah defisit lantaran kecilnya premi yang dibayar masyarakat. Premi BPJS Kesehatan untuk kelas I sebesar Rp80 ribu, kelas II Rp 51 ribu, dan kelas tiga Rp25.500.

Defisit diperparah dengan melonjaknya peserta BPJS. Pada tahun 2014, peserta hanya sekitar 92,3 juta jiwa. Dalam setahun, jumlah peserta BPJS meningkat menjadi 146,7 juta jiwa. Di tahun selanjutnya, 2016 menjadi 177,8 juta jiwa dan tahun 2017 menjadi 183 juta jiwa.

“Akar masalahnya di besaran iuran. Itu (besaran iuran) sudah dibahas di awal secara struktural bahwa iuran itu lebih rendah dari ususlan para ahli. Misalnya, kalau harga jual lebih rendah dari harga beli pasti akan defisit,” kaa dia.

Mundiharno menyampaikan, sejak penetapan jumlah iuran, pihaknya telah memprediksi bakal mengalami defisit. Sebab, iuran yang dibebankan ke masyarakat sangat rendah dan belum bisa menutup biaya kesehatan.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: