Bank getol pangkas karyawan dan kantor cabang

JAKARTA. Perbankan Tanah Air terus melakukan efisiensi melalui pemangkasan pegawai dan kantor cabang. Dari laporan keuangan perbankan, PT Bank Danamon Indonesia Tbk melakukan efisiensi terbesar untuk jumlah pegawai dan kantor cabang di tahun 2017.

Tercatat, Bank Danamon telah mengurangi 1.724 pegawai dan memangkas 135 kantor cabang per September 2017. Pada urutan kedua, PT Bank Mandiri Tbk telah mengurangi 558 pegawai, dan PT Bank CIMB Niaga Tbk menutup 78 kantor cabang.

Analis Eksekutif Departemen Pengembangan Pengawasan dan Manajemen Krisis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aslan Lubis mengatakan, ada sejumlah alasan perbankan melakukan pengurangan pegawai. Diantaranya, karena faktor pensiun. “Atau mungkin terkena efek pengurangan kantor yang dilakukan bank swasta,” kata Aslan kepada KONTAN, Selasa (7/11).

Bank swasta tercatat paling gencar melakukan pengurangan pegawai dan kantor cabang. Bankir mengaku, pengurangan pegawai tidak mayoritas karena pemutusan hubungan kerja (PHK). Namun, sudah masuk masa pensiun dan bank tidak melakukan penambahan pegawai.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas mengatakan, berkurangnya 558 pegawai di September 2017, karena ada selisih antara pegawai keluar dengan pegawai yang masuk.

“Mungkin (selisih pegawai antara periode Januari 2017 dan September 2017) karena beberapa pegawai yang keluar masih belum ditambah melalui proses rekuitmen,” ungkap Rohan.

Presiden Direktur PT Bank OCBC NISP Tbk Parwati Surjaudaja menyampaikan, ada penurunan 285 pegawai di banknya sebagai upaya optimalisasi. Nah, langkah ini terkait penyederhanaan proses bisnis agar lebih simpel.

Menurutnya, jumlah pegawai yang berkurang tersebut tersebar di beberapa segmen bisnis. Selanjutnya, bank berkode saham NISP ini mengklaim sudah menerima 600 karyawan baru.

Sementara itu, Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Glen Glenardi menjelaskan mengenai pengurangan 94 pegawai Bukopin. Yang pasti pengurangan pegawai bukan karena PHK melainkan karena mereka pindah kerja atau melakukan fraud.

Sedikit berbeda, Direktur Utama PT Bank Mayapada Internasional Tbk Hariyono Tjahjarijadi mengatakan, pihaknya justru berencana untuk menambah 16 kantor cabang di tahun depan. Bukan itu saja, bank ini juga ada penambahan enam kantor cabang di tahun ini.

Rinciannya, dua kantor cabang di kawasan Padang dan Batam, serta empat kantor cabang pembantu di Jakarta, Surabaya dan Solo. “Kami tetap akan buka kantor karena jumlah kantor kami masih relatif sedikit,” imbuhnya.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: