Produksi Rokok Tahun 2018 Diperkirakan kembali turun

Jakarta. Kenaikan tarif cukai hasil tembakau atau rokok sebesar 10,04% mulai tahun depan diprediksi membuat produksi rokok menurun. Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea dan Cukai  Kementerian Keuangan (Kemkeu) bahkan memproyeksikan, produksi rokok akan turun 9,79 miliar batang menjadi 321,9 miliar batang pada tahun depan.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kemkeu Heru Pambudi menjelaskan, penurunan produksi rokok pada tahun depan disebabkan menurunnya konsumsi rokok masyarakat. Mengutip pernyataan Gabungan Perserikatan Pabrik Rokok Indonesia (Gappri) yang menyebut hingga Oktober 2017, realisasi produksi rokok baru mencapai 255,33 miliar batang atau 77% dari target 331,6 miliar batang pada tahun ini. Dengan hasil seperti itu, menurut Heru, ini menandakan bahwa tren konsumsi rokok memang menurun.

Dalam tiga tahun terakhir produksi rokok terus mengalami tren penurunan. Rata-rata penurunan terjadi sebesar 1% tiap tahun. “Harus diakui ada perubahan gaya hidup sebagian besar masyarakat, kesadaraan masyarakat terhadap kesehatan semakin baik. Jadi ini penyebab multidimensional,” ujar Heru, Selasa (7/11). Heru yakin pabrikan rokok besar juga telah membaca situasi ini.

Di sisi lain, Heru mengklaim, peredaran rokok ilegal yang muncul sebagai efek kenaikan cukai rokok mulai menurun. Hal itu terlihat dari turunnya hasil operasi pemberantasan rokok ilegal, palsu, dan polos yang terus dilakukan. Penurunan hasil operasi itu seiring dengan penurunan produksi pabrikan rokok.

Dengan kondisi tersebut, menurut Heru, pemerintah tak memasang target tinggi untuk penerimaan cukai dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018. Pada tahun depan target cukai hanya sebesar Rp 155,4 triliun. Angka ini hanya naik 1,5% dari target dalam APBN Perubahan 2017 yang sebesar Rp 153,16 triliun.

Dari jumlah tersebut, pemerintah hanya memasang target penerimaan cukai hasil tembakau sebesar Rp 148,23 triliun. Jumlah itu hanya naik 0,5% dari target dalam APBNP 2017 sebesar Rp 147,49 triliun.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: