Gaet Gojek, Pemerintah Bisa Pungut Pajak Lebih Banyak

Gaet Gojek, Pemerintah Bisa Pungut Pajak Lebih Banyak

Keterlibatannya Gojek Indonesia sebagai agen pajak atau perusahaan penyedia jasa aplikasi (application service provider/ASP) untuk pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan pelaporan SPT Tahunan bisa meningkatkan kepatuhan wajib pajak (wp).

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengamat Pajak dari DDTC, Darussalam saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (8/11/2017).

“Adanya keterlibatan Gojek sebagai agen pajak tentu sesuatu yang positif. Pertama, adanya potensi peningkatan kepatuhan pajak dari mitra gojek yaitu pengemudi dan UKM yang jumlahnya mencapai 100 ribu,” kata Darussalam.

Dia menyebutkan, peningkatan kepatuhan pajak naik lantaran bisa melibatkan seluruh mitranya terakses dalam sistem pajak dan juga berpotensi meningkatkan penerimaan.

Lalu, lanjut Darussalam, adanya perusahaan ASP juga menjadi salah satu terobosan kemudahan administrasi dalam bentuk penerapan teknologi.

“Ini merupakan salah satu solusi bagus dalam hal memungut pajak dari kelompok yang bisa dikategorikan sebagai hard to tax sector,” jelas dia.

Tidak hanya itu, Darussalam menuturkan, bahwa kerjasama Ditjen Pajak dengan Gojek juga bisa diikuti dengan perusahaan-perusahaan lain, seperti yang diterapkan oleh Ghana yang melibatkan asosiasi atau perkumpulan UKM di sektor-sektor tertentu menjadi mitra pemerintah dalam memungut pajak.

“Jadi memastikan dan menyakinkan masyarakat wajib pajak data tetap dijamin kerahasiaannya dan dikelola oleh DJP sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku,” pungkasnya.

Sumber : detik.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: