Daya Beli Merosot, Astra Akui Nasib Kendaraan Roda Dua Ikut Terimbas

https: img.okeinfo.net content 2017 11 09 320 1811245 daya-beli-merosot-astra-akui-nasib-kendaraan-roda-dua-ikut-terimbas-PuKjHyBBFI.jpg

PT Astra Internasional Tbk (ASII) mengaku isu pelamahan daya beli yang terjadi belakangan ini berpengaruh terhadap penjualan produk automotif. Pasalnya sejumlah kebijakan pemerintah memaksa masyarakat menyimpan uangnya ketimbang membelanjakan.

“Pengaruh dong. Kalau untuk dua roda saya udah cerita semester pertama itu yang konsumen dua roda itu kepengaruh dengan kenaikan misalnya dengan adminstrise fee untuk STNK, BPKB,” kata Head of Investor Relations Division ASII Tira Ardianti dalam Workshop Wartawan Pasar Modal 2017 di Cianjur, Kamis (9/11/2017).

Selain itu kebijakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang dilakukan oleh pemerintah juga membuat masyarakat cenderung menahan diri untuk berlaku konsumtif sehingga berdampak pada penjualan kendaraan roda dua.

“Pastinya industri rumah tangga yang tarif listriknya naik juga mereka harus menyesuaikan tentunya ada restrukturisasi cost dari mereka akibatnya mereka juga harus lebih berhemat. Spending-nya juga harus dijaga terutama untuk item-item yang kalau motor gitu kan termasuk item yang mewah untuk mereka ya,” paparnya.

Namun, kata dia, memasuki semester II-2017 kondisinya sudah mulai membaik. Selain itu musim panen dinilainya juga berpengaruh terhadap penjualan kendaraan roda dua. Namun saat ini musim panen menurutnya sudah terjadi.

“Kemarin juga di 6 bulan pertama itu pengaruh penundaan dari panen juga di beberapa lokasi. Sekarang setelah periode di semester pertama lewat, di semester II udah mulai ada panen raya lagi di beberapa daerah jadi income menjadi naik sehingga membantu juga penjualan sepeda motor,” tegasnya.

Dia menambahkan, pada kuartal III-2017 terjadi penurunan market pada kendaraan roda dua. “Sepeda motor marketnya turun 0,3% tapi jauh meningkat dibanding 6 bulan lalu bisa turun 9%. Jadi setelah ini ada peningkatan sehingga secara total udah mulai membaik,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: