Duh, Faisal Basri Ungkap Bakal Ada Krisis Ekonomi Kecil di Desember!

https: img-o.okeinfo.net content 2017 11 09 20 1811290 duh-faisal-basri-ungkap-bakal-ada-krisis-ekonomi-kecil-di-desember-MYy3lScpdy.jpg

Kondisi ekonomi dunia tengah dalam tren yang positif dan cenderung meningkat. Namun hal tersebut tidak serta-merta membuat ekonomi Indonesia meningkat.

Bahkan Pengamat Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri memprediksi jika ekonomi Indonesia akan mengalami guncangan pada akhir tahun. Karena menurutnya pada bulan Desember nanti, akan ada krisis kecil yang akan terjadi.

Menurutnya, guncangan dan krisis yang terjadi diciptakan oleh pemerintah itu sendiri. Karena ada beberapa kebijakan yang dianggap menyebabkan guncangan sepeti penurun suku bunga.

“Hati-hati, sampai Desember kemungkinan ada krisis kecil yang diciptakan oleh pemerintah sendiri,” ujarnya saat ditemui di Hotel Ambhara, Jakarta, Kamis (9/11/2017).

Menurut Faisal, pemicunya adalah kenaikan suku bunga yang akan dilakukan oleh The Fed pada akhir tahun nanti. Hal ini seiring pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat (AS) yang terus membaik.

“Perhatikan kecenderungan di Amerika Serikat, ekonomi dunia membaik dan tahun depan lebih baik walaupun sedikit, Eropa dan China juga. Jadi, hampir seluruh kawasan membaik,” ucap Faisal.

“Inflasinya juga naik karena permintaan juga naik. Jadi 90% syarat untuk menaikan suku bunga oleh The Fed itu sudah terpenuhi. Jadi saya rasa 80% The Fed pasti akan menaikan suku bunga pada akhir tahun sebagai hadiah Natal,” imbuhnya.

Akibat gejolak itu lanjut Faisal, Rupiah akan cenderung melemah dan tertekan oleh dolar. Selain itu, target penerimaan pajak pun akan sulit tercapai.

“Rupiah akan cenderung melemah dan akan bergejolak pada akhir tahun nanti. Tolong diperhatikan ditambah pajak itu jauh di bawah target. Jadi kira-kira target penerimaan pajak Rp 200 triliun tidak akan tercapai susah,” jelasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: