Ini Strategi Dirjen Bea Cukai Mengejar Penerimaan

Menjelang akhir tahun sejumlah strategi terus digenjot untuk mengejar penerimaan bea dan cukai yang dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2017 ditargetkan senilai Rp189,1 triliun.

Kepala Sub Direktorat Penerimaan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Rudy Rahmaddi mengatakan setidaknya ada tiga strategi yang bakal ditetapkan otoritas kepabeanan untuk mengejar penerimaan cukai tahun ini.

Pertama, meningkatkan sinergi pengamanan antara unsur pusat kantor wilayah dan satuan kerja dalam skema excise connection.

Kedua meningkatkan intensitas penindakan rokok ilegal. Ketiga, memfasilitasi kelancaran administrasi pemesanan pita cukai dan pembayarannya agar tidak terjadi kendala dalam mengoptimalkan penerimaan tersebut.

“Kami harapkan penerimaan tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu,” kata Rudy kepada Bisnis, Rabu (8/11/2017) kemarin.

Adapun berdasarkan Data Ditjen Bea dan Cukai, realisasi penerimaan hingga Oktober lalu senilai Rp126,9 triliun atau 67,1% dari target dalam APBN Perubahan 2017 yang dipatok senilai Rp189,1 triliun.

Kinerja penerimaan DJBC itu ditopang penerimaan bea masuk senilai Rp27,8 triliun, bea keluar senilai Rp3,06 triliun, serta cukai  Rp95,9 triliun.

Kinerja penerimaan cukai masih didominasi oleh penerimaan cukai hasil tembakau. Realisasi CHT pada bulan lalu bahkan tembus ke angka Rp91,9 triliun dari total penerimaan cukai tersebut. Sedangkan cukai lainnya, misalnya, minuman mengandung etil alkohol (MMEA) masih berada di kisaran Rp4,07 triliun, etil alkohol (EA) Rp121,03 miliar.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: