Paradise Papers Pengaruhi Kepercayaan Masyarakat terhadap DJP

Bocornya dokumen paradise papers yang dirilis oleh International Consortium of Investigative Journalist (ICIJ), di mana banyak politikus dunia yang masuk ke dalam daftar tersebut, termasuk beberapa nama orang kaya di Indonesia.

Widya Kartika dari Perkumpulan Prakarsa sebagai lembaga kajian kebijakan soal isu pajak menuturkan bahwa bocornya paradise papers bisa mengubah kepercayaan masyarakat terhadap Direktorat Jenderal Pajak (DJP).

“Sebenarnya ini bukan ketidakadilan saja, tapi menurut riset yang kami lakukan, dampak dari panama papers dan yang terbaru paradise papers ini lebih kepada trust, bagaimana masyarakat melihat institusi seperti Ditjen Pajak ini,” kata dia dalam acara talkshow Polemik SINDO Trijaya bertema ‘Paradise Papers, Cerita atau Fakta?’ di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (11/11/2017).

Menurutnya, Ditjen Pajak seharusnya mendistribusikan kekayaan. Dimana orang-orang kaya dan msikin terjadi ketimpangan dalam membayar pajak. “Di Indonesia semakin tinggi (ketimpangan). Ini salah satu penyebab sistem perpajakan gagal mendistribusikan income,” imbuhnya.

Menurutnya, orang miskin di dalam negeri masih membayar pajak pertambahan nilai meski tidak dikenakan penghasilan tidak kena pajak (PTKP). Dia menegaskan, komponen penerimaan pajak terbesar dari cukai rokok yang konsumennya rata-rata kelas menengah ke bawah.

“Ada studi bahwa 60% penerimaan cukai disumbang oleh masyarakat miskin, jadi yang miskin harus bayar pajak dan yang kaya malah menghindar pajak. Belum lagi, upah yang rendah tapi tetap bayar pajak,” ujarnya.

Pihaknya meminta pemerintah benar-benar melakukan pembenahan. Paradise papers bukan lagi persoalan Indonesia tapi semua negara mengalami hal sama. “Saya percaya, setiap penawaran akan berbanding dengan permintaan. Maka perlu berbenah agar tidak ada lagi tax haven atau yurisdiksi lainnya,” tutur Widya.

Sumber : sindonews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: