Pelanggan Listrik 900 VA Bersiaplah Kena Tarif Atas

JAKARTA. Rencana pemerintah menyederhanakan golongan pelanggan listrik rumah tangga nonsubsidi sepertinya bulat sudah. Kelak, pelanggan listrik nonsubsidi hanya akan terbagi dua kelas golongan, yakni 4.400 Volt Ampere (VA) dan 13.200 VA.

Konsekuansinya: tiga golongan pelanggan listrik Rumaha Tangga (R-1) 900 VA RTM, 1.300 VA dan 2.200 VA akan hilang. “Dengan cara begutu masyarakat bisa menikmati daya listrik yang lebih besar,” tandas Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar, Jumat (10/11). Penghapusan tiga golongan pelanggan itu, kata Arcandra bertujuan untuk menata tarif listrik lantaran rentang ketiganya dekat.

Masalahnya, efek penghapusan golongan akan berdampak bagi pelanggan 900 VA nonsubsidi. Jumlahnya sekitar 15 juta pelanggan 900 VA nonsubsidi. Jumlahnya sekitar 15 juta pelanggan, setelah dikurangi hasil audit golongan 900 VA yang berhak menerima subsidi.

Suka atau tidak suka, pelanggan listrik 900 VA akan masuk ke golongan 4.400 VA. Padahal, jika merujuk data Perusahaan Listrik Negara (PLN), tarif listrik untuk golongan di atas 900 VA di kisaran Rp 1.467,28 per kilo Watt hour (kWh). Sementara tarif 900 VA nonsubsidi di angka Rp 1.352 (kWh).

Dengan alasan teknis tarif di PLN, Arcandra enggan menjawab pertanyaan ini. Termasuk kenaikan biaya atas penyambungan listrik baru serta mekanisme penghitungan listrik prabayar.

I Made Suprateka, Kepala Satuan Unit Komunikasi Korporat PLN mengatakan, kebijakan ini untuk menciptakan tarif listrik satu harga. “Artinya tidak ada lagi golongan-golongan itu. Jadi single price untuk semua golongan. Kan ada golongan 900 VA berapa per kWh, 1.300 berapa per kWh. Nanti itu disamakan harganya,” kata Made. Sayangnya, Made tidak menyebut potensi penerimaan dari penyesuaian tarif ini.

Pengamat Energi dari Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa menyebut administrasi pelanggan dan perhitungan tarif lebih sederhana.

Hanya, perlu diingat, di tengah lesunya daya beli, penyesuaian tarif listrik bagi pelanggan 900 VA bisa semakin menguras kantong pengeluaran mereka.

Sumber: Harian Kontan

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: