PTPN Bangun 2 Pabrik Gula Baru, Tutup 11 Pabrik Lama

PTPN Bangun 2 Pabrik Gula Baru, Tutup 11 Pabrik Lama

Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara (PTPN) III Dasuki Amsir mengatakan pemerintah akan membangun pabrik gula baru di kawasan Comal, Pemalang, Jawa Tengah. Pabrik ini diperkirakan akan selesai dibangun pada 2020.

“Yang di Comal saat ini sudah pada tahap kajian dan perencanaan. Tahun 2020 ditargetkan selesai,” katanya di Jakarta, Selasa, 14 November 2017.

Selain pembangunan di Comal, PTPN akan membangun pabrik gula di kawasan Banyuwangi, Jawa Timur, dengan target beroperasi berbarengan dengan pabrik di Comal. Pabrik gula di Comal dan Banyuwangi masing-masing ditargetkan mampu memproduksi gula dengan kapasitas 6 ribu ton per hari. “Pabrik ini kapasitasnya akan lebih besar dan efisien,” ucapnya.

Selain membangun yang baru, PTPN sedang melakukan revitalisasi tujuh pabrik lama. Selain itu, tahun depan juga akan ada penutupan sebelas pabrik gula milik PTPN. Adapun pabrik gula yang akan ditutup di PTPN IX sebanyak 3 pabrik, PTPN X 3 pabrik, dan PTPN IX 5 pabrik.

Ia menuturkan penutupan sebelas pabrik tersebut tidak akan berdampak terhadap petani ataupun karyawan PTPN. Sebab, penutupan baru akan dilakukan jika pabrik yang direvitalisasi sudah selesai dan sanggup meningkatkan produksi.

“Jadi harus ada pabrik yang baru atau yang sudah selesai direvitalisasi sebelum ada yang ditutup,” tuturnya. “Penutupan bertahap dan tidak akan mengurangi kapasitas produksi gula PTPN. Petani juga dijamin masih bisa menjual tebunya,” katanya.

Berdasarkan situs PTPN IX, pembangunan pabrik modern di eks pabrik gula Comal merupakan salah satu rencana pemerintah menuju swasembada gula, selain meremajakan pabrik dengan dana dari penyertaan modal negara (PMN). Pabrik ini akan dibangun PTPN IX.

Pabrik gula baru akan memiliki kapasitas 6.000 ton tebu per hari (TTH) expandable 8.000 TTH dan diharapkan mampu menggantikan peran empat pabrik PTPN IX di wilayah utara Jawa Tengah, yaitu Pabrik Gula Jatibarang (Brebes) dengan kapasitas 2.000 TTH, Pabrik Gula Pangka (Tegal) 1.800 TTH, Pabrik Gula Sumberharjo (Pemalang) 1.900 TTH, dan Pabrik Gula Sragi (Pekalongan) 3.350 TTH.

Sumber : tempo.co

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: