Sri Mulyani: Tahun Politik Jangan Bikin RI Jadi Pesimistis

Menteri Keuangan Sri Mulyani di kantor pusat Ditjen Bea dan Cukai, Jakarta, Rabu (8/11/2017). (Fiki/Liputan6.com)

Indonesia mulai memasuki tahun politik pada 2018 hingga 2019. Pemilihan kepala daerah (pilkada) dan pemilihan presiden (pilpres) berlangsung pada tahun ini. Namun, hal tersebut diharapkan tak membuat ekonomi Indonesia ‎menjadi pesimistis.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pada tahun depan Indonesia akan menggelar 171 pilkada di berbagai daerah. Jika berjalan lancar, perhelatan ini bisa jadi pendorong ekonomi di daerah.

“Tahun depan 171 pemerintah daerah akan lakukan pilkada, dan itu juga yang jadi mesin perekonomian di Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, yang akan jadi pusat perhatian,” ujar dia dalam Seminar Nasional Political Economy Outlook 2018 yang digelar oleh Institute for Development of Economic and Finance (Indef) di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Menurut Sri Mulyani, pemilihan umum seperti ini sebenarnya bukan hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di negara lain. Namun, di negara lain, setelah ada sosok yang terpilih, semua kembali berjalan normal. Adapun di Indonesia, kadang pemilihan umum berbuntut panjang hingga menimbulkan gejolak di daerah.

“Kalau Anda bandingkan dengan siklus politik semua negara, is always nesty and ugly di semua negara. Namun, yang membedakan, negara itu begitu selesai bisa kembali bersatu dan going move on dan menjalankan program yang ditawarkan kandidat,” kata dia.

Oleh sebab itu, Sri Mulyani mengajak masyarakat dan pengusaha untuk optimistis menatap tahun politik. Dengan demikian, diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap perekonomian.

“Oleh karena itu, kita berharap siklus politik ini tidak membuat kita pesimistis, tapi lebih berpikir dari sisi positif side. Karena Indonesia sudah berkali-kali melalui siklus politik,” tandas dia.

Sumber : liputan6.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Artikel

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: