Apa saja pekerjaan rumah untuk Dirjen Pajak baru?

Apa saja pekerjaan rumah untuk Dirjen Pajak baru?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diisukan telah menunjuk Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu) baru yang menggantikan Ken Dwijugiasteadi. Hal tersebut mengingat masa tugas Ken yang akan berakhir dalam waktu dekat.

Pengamat Perpajakan Universitas Pelita Harapan Ronny Bako mengatakan, idealnya sosok Dirjen Pajak berasal dari Ditjen Pajak sendiri. Sebab, mereka sudah pasti memahami seluk beluk pajak.

Namun tak hanya itu, sosok Dirjen Pajak baru juga memiliki pekerjaan rumah besar yang harus diselesaikan. Ronny bilang, pekerjaan rumah itu mulai dari sisi administrasi pajak hingga kebijakannya.

Misalnya, “Bagaimana menyederhanakan aturan pajak, secara informal. Dan secara materil, bagaimana tarif pajak bisa sama dengan tarif PPh (Pajak Penghasilan) di Singapura,” kata Ronny saat dihubungi Kontan.co.id, Kamis (23/11).

Tak hanya itu, Dirjen Pajak baru juga memiliki pekerjaan rumah besar yang masih harus diselesaikan pasca melaksanakan kebijakan pengampunan pajak (tax amnesty). Juga pekerjaan rumah dalam menghadapi Automatic Exchange of Information (AEoI).

Satu hal lagi yang menjadi pekerjaan rumah besar untuk Dirjen Pajak baru, yaitu menjadikan Ditjen Pajak sebagai sebuah lembaga yang langsung berada di bawah kewenangan Presiden. “Menteri Keuangan menunggu waktu yang tepat, yaitu setelah 2019. Kalau sekarang, bisa jadi bidikan orang partai politik,” tambahnya.

Sumber : kontan.co.id

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: