Daripada Bangun Jalan Tol, Lebih Baik Besarkan Kawasan Industri

https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 23 320 1819412 daripada-bangun-jalan-tol-lebih-baik-besarkan-kawasan-industri-D7b6RIdeRQ.jpg

Pembangunan kawasan industri saat ini dianggap lebih penting ketimbang jalan tol yang tengah dikebut oleh pemerintah. Bahkan pemerintah memproyeksikan pada 2019 akan terbangun tol sepanjang 1.852 km. Sementara tahun ini ditargetkan sepanjang 568 km.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Enny Sri Hartati menilai bahwa sektor industri lebih siap dalam mendukung akselerasi pertumbuhan ekonomi negara dibandingkan dengan infrastruktur yang memakan waktu untuk dapat dirasakan manfaatnya.

“Yang bisa mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi diantara apa? yang paling siap itu sebenarnya sektor industri. Nah artinya urgensi membangun kawasan industri dibandingkan membangun jalan tol itu jauh lebih urgent,” katanya ketika ditemui di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Selain itu, pembangunan sektor industri juga mampu membantu pemerintah dalam meringankan utang negara. Pasalnya dia dianggap mampu merefinancing utang secara lebih baik ketimbang infrastruktur yang baru bisa dirasakan manfaatnya setalah memakan waktu cukup lama.

“Misalnya salah satunya membangun ketersediaan energi. Itu akan jauh lebih mempunyai dampak terhadap pergerakan atau akselerasi ekonomi daripada misal kereta cepat. Nah jadi ini yang jadi prioritas pembangunan sekalipun sama-sama infrastruktur tapi harus dipilih yang tepat dan juga mempunyai dampak konkret untuk mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Selain itu, Enny menilai bahwa sektor atau kawasan industri yang sudah terbangun dengan baik maka pembangunan infrastrukturnya yang menyusul kemudian akan menarik bagi investor. Jadi itu mampu meringankan beban negara dalam hal keuangan.

“Tapi kalau misal infrastruktur pendukungnya terlebih dahulu, orang masih gamang. Ini manfaatnya arah pembangunan pemerintah ke mana. Ini masih bisa multi interprestasi. Tapi kalau kawasan industri ini pasti, misalnya ada, maka nanti investor-investor yang mendukung dan supporting infrastruktur untuk kawasan industri ini akan teryakkinkan karena sudah ada kawasan industri di sana,” tandasnya.

Sumber : okezone.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: