INSENTIF PAJAK: Kemenperin Usulkan Pengurang Pajak Hingga 300% dari Nilai Investasi

Kementerian Perindustrian mengusulkan besaran insentif pengurang pajak hingga 300% dari total nilai investasi untuk industri yang berinvestasi pada riset dan inovasi.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menuturkan dengan memberikan insentif perpajakan untuk dunia industri, pengusaha tak akan segan-segan dalam melakukan investasi.

“Yang saya mau minta insentif [pajaknya] itu untuk inovasi dan vokasi juga untuk industri padat karya orientasi ekspor. Itu tiga sektor yang akan didorong untuk memacu penciptaan lapangan pekerjaan dan juga memperbaiki SDM,” kata Airlangga di Jakarta, Senin (27/11/2017).

Dalam hal ini, Airlangga mengaku mengajukan tax allowance sebesar 200% sampai 300% kepada Kementerian Keuangan untuk industri yang berinvestasi dalam tiga hal tersebut, pendidikan vokasi, inovasi dan industri padat karya orientasi ekspor.

Terkait pendidikan vokasi, Airlangga mengaku akan meniru kebijakan yang diterapkan di Thailand untuk mendorong pendidikan vokasi.  Ini karena, anggaran dari APBN masih sangat terbatas.

“Kalau andalkan APBN, kami mempunyai kendala atau terbatas. Maka kami akan coba copy kebijakan Thailand saja. Mereka [Thailand] kasih tax allowance 200%. Jadi kalau mereka investasi Rp500 juta untuk vokasi, fasilitas yang diberikan adalah Rp1 miliar dan itu akan menjadi pemotongan pajak. Saya sedang ajukan ke Kementerian Keuangan, ini satu-satunya cara untuk mempercepat proses,” katanya.

Dalam hal ini, dalam kebijakan tax allowance, pemerintah memberi potongan pajak mencapai 200%-300% dari jumlah investasi yang ditanamkan, baik dari sisi belanja operasional atau operating expenditure (opex) dan belanja modal atau capital expenditure (capex), sehingga pajak yang perlu dibayarkan sangat rendah.

Nantinya kebijakan tersebut diharapkan mulai bisa berlaku sebelum kuartal I/2018 mendatang dan tidak akan berlaku surut.

Sumber : bisnis.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 



Kategori:Berita Pajak

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: