Kemendes Racik Formula Pelaporan Dana Desa

Pelaporan administrasi penggunaan Dana Desa dinilai menjadi persoalan. Pengguna dana desa kerap khawatir, jika pelaporan administrasi berujung ke ranah hukum.

Menyikapi hal itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Desa dan PDTT Anwar Sanusi kini berupaya mencari formula untuk memudahkan laporan penggunaan Dana Desa.

“Kita terus berupaya mencari formula yang paling mudah dipahami masyarakat desa,” ujar Anwar usai Press Gathering Kemendes 2017 di Malang, Jawa Timur, Senin malam, 27 November 2017.

Dia mengatakan, dana desa diharapkan bisa dipertanggungjawabkan pengunaannya.  “Kita buat sesimpel mungkin, tapi menggambarkan bagaimana dana desa dipergunakan dan dilaporkan kepada masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo mengingatkan pemangku desa agar tidak main-main mengelola dana desa. Hal ini menyusul kasus indikasi keterlibatan unsur pemerintah daerah dalam korupsi dana desa di Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur.

“Saya sangat menyesalkan kejadian ini. Kalau korupsi harus ditindak tegas. Agar ada efek jera bagi yang lainnya,” ujar Eko di Jakarta, Minggu, 6 Agustus 2017.


Dia meminta kepada masyarakat untuk tidak takut melaporkan setiap adanya indikasi penyelewengan dana desa. Keluhan dan laporan dapat disampaikan kepada Satgas Dana Desa melalui Call Center 1500040.

Terungkapnya indikasi penyelewengan dana desa di Kabupaten Pamekasan berawal dari laporan pendamping desa terhadap penegak hukum. Menurutnya, penyelewengan dana desa akan mudah diketahui, karena tidak hanya diawasi secara ketat oleh pemerintah dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), namun juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), masyarakat serta media massa.

Ketua Satgas Dana Desa, Bibit Samad Rianto mengakui adanya potensi dan kekhawatiran soal penyelewengan dana desa. Untuk itu Satgas Dana Desa akan membuat sistem aturan dan pengawasan internal. Satgas dana desa akan menggerakkan masyarakat untuk turut mengawasi serta mendorong aparat desa agar transparan.

Sumber : metrotvnews.com

http://www.pemeriksaanpajak.com

pajak@pemeriksaanpajak.com

 

 



Kategori:Berita Ekonomi

Tag:, , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: